Saturday, 21 September 2019

Besok, Dibawa Kembali ke Rutan Cipinang

Ahmad Dhani Akan Dijauhkan dari Tahanan yang Beda Pandangan Politik

Rabu, 12 Juni 2019 — 20:14 WIB
Ahmad Dhani turun mobil tahanan. (dok/adji)

Ahmad Dhani turun mobil tahanan. (dok/adji)

JAKARTA – Musikus Ahmad Dhani akan kembali menjalani penahanan di Rumah Tahanan (Rutan) Cipinang, Jakarta Timur, setelah menjalani sidang vonis terkait perkara pencemaran nama baik melalui vlog “idiot”, di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Jawa Timur. Pihak Rutan Cipinang pun telah melakukan persiapan untuk menahan Dhani.

Kepala Rutan Cipinang, Oga Darmawan menuturkan, Dhani tidak akan ditempatkan besama orang-orang yang berpandangan politik berbeda dengan salah satu juru kampanye capres Prabowo Subianto itu. Dhani dikabarkan akan dibawa ke Rutan Cipinang, Kamis (13/6/2019) besok.

“Jangan sampai kami tempatkan beliau di tempat yang pandangan politiknya berbeda,” kata Oga, Rabu (12/6/2019).

(BacaAhmad Dhani Banding, Gerindra: Kami Terus Mensupport)

Oga menerangkan, alasan memisahkan Dhani dengan tahanan lain yang berbeda pandangan politik adalah demi keamanan. Apalagi saat ini jumlah tahanan di Rutan Cipinang sudah melebihi kapasitas.

“Tentunya dalam kedatangan beliau sebagai public figure, kami tidak mau sembarangan. Kami akan merapatkan dengan para kasie, terlebih khusus kepala keamanan,” imbuh Oga seraya memastikan Dhani tetap akan diperlakukan sama dengan tahanan lainnya.

Dalam sidang vonis di PN Surabaya, Selasa (11/6/2019), majelis hakim setempat memutuskan, pentolan grup Dewa 19 tersebut divonis 1 tahun penjara. Suami Mulan Jameela itu, terbukti bersalah atas kasus ujaran kebencian.

(BacaAhmad Dhani Divonis 1 Tahun Penjara)

Sebelumnya, Ahmad Dhani dituntut 1 tahun 6 bulan penjara oleh Jaksa Penuntut Umum. Menurut JPU, perbuatan Ahmad Dhani yang mem-posting vlog “idiot” dianggap telah memenuhi unsur pidana sebagaimana tertuang dalam pasal 45 ayat 3 jo Pasal 27 ayat 3 Undang-undang RI no 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU no 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. (*/ys)