Sunday, 16 June 2019

Hadapi Brasil, Australia Optimis Raih Kemenangan

Rabu, 12 Juni 2019 — 16:45 WIB
Timnas Wanita Australia.(reuters)

Timnas Wanita Australia.(reuters)

PRANCIS – Setelah kalah 1-2 dari Italia pada laga perdana, Timnas sepakbola wanita Australia, bertekad membayarnya pada laga kedua fase Grup C dengan menghadapi Brasil di Stadion Mosson, Montpellier, Rabu (13/6/2019) pukul 23:00 WIB. Kembalinya tiga pemain kunci Australia, membuat pelatih Ante Milicic optimis bisa mengalahkan Brasil pada laga nanti.

Ketiga pemain yang dimaksud, yakni bomber Lisa De Vanna, bek Clare Polkinghorne, dan gelandang Caitlin Foord. Sebelumnya, ketiga pemain dikabarkan mengalami cedera setelah menghadapi Italia pada laga perdana. Namun seperti disitat The Sidney Morning Herald, kondisi mereka mulai membaik dan masih terus mendapat pantuan dari Milicic.

“Lisa sempat memiliki masalah pada pahanya dan kami masih terus memantau perkembangannya,” aku Milicic yang juga masih memantau perkembangan Clare dan Caitlin.

Namun pelatih berusia 45 itu yakin ketiganya sudah berada dalam kondisi siap tampil sebelum bentrok dengan Barasil. Bagi Australia, laga ini sangat penting bagi mereka demi menjaga kans lolos ke fase selanjutnya setelah menempati posisi ketiga Grup C, tanpa angka. Tim berjuluk Matildas itu tertinggal tiga angka dari dua tim teratas, yakni Italia dan Brasil. Namun Brasil yang berada di posisi teratas, usai menggilas Jamaika 3-0, tentu tidak ingin mengalah begitu saja.

Tim besutan Vadão itu juga butuh kemenangan demi menjaga peluang lolos ke fase berikutnya, sekaligus modal untuk menghadapi Italia pada laga pamungkas. Hal inilah yang tetap akan diwaspadai Matildas pada laga nanti. Apalagi kedua tim pernah sama-sama saling mengalahkan dalam dua pertemuan terakhir di turnamen besar. Pada ajang Piala Dunia 2015 di Kanada, Australia mampu mengalahkan Brasil 1-0 pada babak 16 besar. Namun Brasil sukses membayarnya pada Olimpiade 2016.

Dengan status tuan rumah, Brasil mampu menyingkirkan Australia di babak perempatfinal lewat adu penalti 7-6 usai bermain imbang tanpa gol selama 120 menit laga.

“Kami punya persaingan dengan Brasil dalam dua turnamen besar terakhir, dimana kami membuat mereka tersingkir dan mereka membuat kami tersingkir. Tetapi ketika Anda berada di lapangan, saya tidak peduli siapa lawan yang kami hadapi dan kami selalu ingin mengalahkannya,” tegas bek Australia, Alanna Kennedy, dikutip Guardian.

Bisa mengalahkan Brasil akan kembali membuka peluang Matildas untuk lolos ke fase berikutnya. Jika kalah, maka Alanna dan kolega untuk lolos ke fase berikutnya, akan semakin kecil. Apalagi Italia diprediksi bisa menang saat menghadapi Jamaika, Jumat (13/6/2019), 23:00 WIB.

Pada laga lainnya di hari yang sama, dua tim terbawah di Grup C, yakni Afrika Selatan dan Tiongkok bakal bentrok di Parc des Princes. Saat ini kedua tim belum meraih satu pun angka dari satu laga yang sudah dilakoni. (junius/yp)