Sunday, 16 June 2019

Martinez Yakin Hazard Sukses Di Madrid

Rabu, 12 Juni 2019 — 14:17 WIB
Eden Hazard (reuters)

Eden Hazard (reuters)

BELGIA – Eden Hazard kembali gagal membuktikan kemampuan sebagai salah satu predator gol bagi Timnas Belgia saat menggilas Skotlandia 3-0 dalam lanjutan fase Grup I babak kualifikasi Piala Eropa 2020 di Stadion Raja Baudouin, Rabu (12/6/2019) dinihari WIB. Meski tidak mencetak gol, Hazard mampu menampilkan performa terbaiknya sebagai kapten dalam laga itu.

Setidaknya hal itulah diakui pelatih Timnas Belgia, Roberto Martinez, usai pertandingan. “Dia sangat ceketan dengan mengerahkan segala kemampuannya untuk keluar dari sebuah situasi dan menciptakan sebuah situasi yang tidak bisa dilakukan oleh pemain lain. Itu adalah kelebihannya. Dia adalah bintang dan salah satu dari tiga kapten tim terbaik di dunia dan sekarang kita tahu dia siap untuk memulai pekerjaan baru bersama Real Madrid,” puji Martinez, dikutip The Sun.

Martinez juga yakin Hazard bakal sukses dengan klub barunya, Real Madrid yang sepakat memboyongnya dari Arsenal dengan mahar 150 juta poundsterling (setara Rp2,7 triliun). “Dia punya kualitas dan masa depan yang bagus. itu memungkinkan dia untuk selalu mengambil keputusan terbaik di depan. Hal lain yang dia miliki adalah bahwa dia tidak terpengaruh oleh emosi, bahkan apa yang orang katakan tentang dia. Dia sangat tenang dan tenang,” jelasnya.

Hazard sendiri kembali gagal mencetak gol bersama Timnas Belgia saat menggilas Skotlandia 32-0 dalam lanjutan fase Grup I babak Kualifikasi Piala Eropa 2020. Namun ia mampu mencatat assist pada gol pembuka Belgia yang dilesakkan Romelu Lukaku (45′). Lukaku kembali menambah keunggulan Belgia, lewat golnya pada menit ke-57, sebelum pasukan Martinez melengkapi kemenangan, melalui aksi Kevin De Bruyne (90″). “Saya juga memuji Romelu (Lukaku red) malam ini,” puji Martinez.

Namun Martinez justru iba dengan Lukaku bersama Manchester United (MU). Menurutnya, Lukaku merupakan pemain yang sangat disiplin, sehingga sulit baginya menerima kegagalannya membawa MU ke Liga Champions musim 2019-2020. Belgia sendiri sukses mempertegas posisi sebagai pimpinan Grup I dengan angka sempurna dari empat laga. Sementara Skotlandia di urutan keempat dengan enam angka, atau kalah produktivitas gol dari posisi kedua, hunian Kazakhstan usai melumat San Marino 4-0 di saat yang sama.

Sementara Rusia yang menang 1-0 atas Siprus, berada di urutan kedua dengan delapan angka. Di Grup J, Armenia kalahkan Yunani 3-2, Italia bungkam Bosnia-Herzegovina 2-1, dan Finlandia tekuk Liechtenstein 2-0. Di Grup C, Irlandia Utara kalahkan Belarusia 1-0 dan Jerman bantai Estonia 8-0. Di Grup E, Slowakia gilas Azerbaijan 5-1 dan Hungaria kalahkan Wales 1-0. Di Grup H, Albania lipat Moldova 2-0, Prancis bungkam Andorra 4-0, dan Islandia taklukkan Turki 2-1. (junius/yp)