Sunday, 25 August 2019

Polisi Selidiki Informasi Pemberitaan Tim Mawar

Rabu, 12 Juni 2019 — 16:43 WIB
Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra .(cw2)

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra .(cw2)

JAKARTA – Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra mengatakan, pemberitaan Tempo edisi ‘Tim Mawar dan Rusuh Sarinah’ akan menjadi salah satu sumber informasi penyidik. Oleh karena itu, pihaknya tengah mendalami informasi tersebut.

“Adanya dugaan terhadap beberapa kelompok yang terlibat dalam peristiwa 21 – 22 mei lalu, juga khususnya disebutkan salah satu media, ini adalah bagian dari sumber informasi yang akan didalami penyidik,” ujar Asep di Gedung Humas Polri, Jakarta Selatan, Rabu (12/6/2019).

Namun ia menegaskan, tidak semua poin dalam pemberitaan tersebut dijadikan bahan penyidikan. Menurutnya, hanya poin-poin tertentu saja yang akan didalami oleh penyidik.

“Tentunya tidak semua dari aspek pemberitaan, tapi aspek-aspek yang sudah ditemukan pada proses penyidikan saat ini. Dan kita juga perlu konfirmasi aspek lain, adanya saksi, barang bukti dan petunjuk lainnya,” pungkas Asep.

Mantan Pimpinan Tim Mawar Mayjen TNI (Purn) Chairawan siang tadi melaporkan majalah Tempo edisi ‘Tim Mawar dan Rusuh Sarinah’ ke Bareskrim Mabes Polri. Chairawan tiba di Bareskrim Mabes Polri pukul 09.50 WIB dengan didampingi oleh dua kuasa hukum.

Namun laporan tersebut ditolak lantaran penyidik perlu menunggu hasil dari Dewan Pers terlebih dahulu. Chairawan telah membuat laporan ke Dewan Pers pada Selasa, 11 Juni 2019. (cw2/yp)