Sunday, 16 June 2019

Bantu Polandia Hadapi Rusia, AS Kirim 1.000 Pasukan

Kamis, 13 Juni 2019 — 9:06 WIB
Presiden AS Trump bersama Presiden Polandia Andrzej Duda. (reuters)

Presiden AS Trump bersama Presiden Polandia Andrzej Duda. (reuters)

AMERIKA – Presiden AS Donald Trump berjanji kepada Presiden Polandia Andrzej Duda, bahwa ia akan mengerahkan 1.000 pasukan AS ke Polandia. Hal ini disebut untuk mencegah potensi agresi dari Rusia.

Meskipun mereka menunjukkan dukungan kuat, namun Trump tidak setuju dengan upaya Duda untuk memaksa pensiunnya beberapa hakim Mahkamah Agung Polandia, sebuah keputusan tahun lalu yang memicu protes. “Tidak,” kata Trump ketika ditanya apakah dia mendukung langkah itu.

Trump mengumumkan penempatan pasukan pada konferensi pers bersama dengan Duda, di Gedung Putih tak lama setelah kedua pemimpin menandatangani deklarasi bersama yang menegaskan kerja sama pertahanan.

Duda, menamai pasukan AS “Fort Trump,” dan mengatakan gelombang pasukan baru diperlukan karena agresi Moskow terhadap Polandia. “Rusia sekali lagi menunjukkan wajah kekaisarannya yang tidak baik dan tidak ramah,” katanya dilansir Reuters, Kamis (13/6/2019). “Rusia selalu mencari kesempatan untuk mengambil wilayah kami.”

Amerika Serikat telah memiliki pasukan di Polandia sebagai bagian dari perjanjian tahun 2016 dengan aliansi militer NATO sebagai tanggapan terhadap pencaplokan Crimea di Moskow dari tetangga sebelah timur Polandia, Ukraina pada tahun 2014.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengeluarkan pernyataan yang menyambut penempatan pasukan tersebut. “Pengumuman hari ini adalah bagian dari upaya NATO yang terukur, defensif dan proporsional untuk memperkuat pencegahan dan pertahanan kita,” katanya. (mb)