Wednesday, 19 June 2019

Berdalih Mau Absen ke Kantor Oknum PNS Curi Mobil Damkar

Kamis, 13 Juni 2019 — 17:36 WIB
Tersangka oknum PNS mencuri mobil pemadam kebakaran.

Tersangka oknum PNS mencuri mobil pemadam kebakaran.

JAKARTA – Entah apa yang ada di benak pria ini hingga nekat membawa kabur mobil pemadam kebakaran (damkar) dari Pos Pemadam Kebakaran Sunter, Tanjung Priok , Kamis (13/6/2019). Polisi yang mendapat laporan meringkus tersangka setelah sempat dikejar-kejar petugas.

Kapolres Jakarta Utara, Kombes Budhi Herdi Susianto mengatakan, mobil bermerek Hino itu dibawa kabur Januar Darman, 36, dari Pos Pemadam Kebakaran Sunter. “Saat itu dua orang saksi, Sholahudin dan Cahyana, baru saja selesai mengisi air ke dalam tangki mobil tersebut di Pos Pemadam Kebakaran Sunter,” kata Budhi. Kedua saksi yang merupakan petugas damkar kemudian keluar dari mobil itu dan menuju ke pos.

Sholahudin menuju ke kamar mandi di dekat pos, sementara Cahyana ke dalam pos. Menurut Budhi, saat diparkirkan, kunci mobil damkar itu belum dicabut. Ketika saksi keluar dari pos, dilihat mobil damkar berpelat nomor B 9408 PHA itu sudah tidak ada.

“Karena dia pikir mobil itu tadi dibawa keluar oleh petugas damkar dari pos itu sendiri setelah dipastikan bahwa itu bukan dari kelompok mereka ataupun pegawai yang ada di situ kemudian mereka melapor ke kepolisian,” kata Budhi.

Setelah mendapatkan laporan, polisi mengejar pelaku. Keberadaan mobil damkar yang dibawa kabur pelaku sempat terdeteksi polisi Lalu Lintas di Jalan Gunung Sahari.

Tersangka oknum PNS mencuri mobil pemadam kebakaran.

Tersangka oknum PNS mencuri mobil pemadam kebakaran.

“Memang jam pagi anggota kita juga ada yang melaksanakan gatur lalin pada saat di dekat traffic ligut di Gunung Sahari, karena anggota kita pas ada yang melihat satu mobil unit kendaraan itu melintas,” kata Budhi.

Melihat Januar melintas dengan mobil yang ia bawa kabur, polisi lantas mengejarnya.
Polisi bahkan menyuruh Januar berhenti namun pelaku sempat tak menghiraukan hal itu.” Akhirnya petugas mengejar pelaku dan tersusul. Pada saat diminta untuk menepi ataupun untuk berhenti dia masih tidak mau berhenti,” kata Budhi.

Akhirnya polisi berhasil mendahului mobil damkar itu dan memalangnya. Januar pun terpaksa berhenti dan dirinya dibawa ke Mapolsek Tanjung Priok beserta mobil damkar yang dibawanya kabur.

Kombes Budhi menambahkan , pelaku bekerja sebagai PNS aktif di Sudin Gulkarmat Jakarta Barat.”Yang bersangkutan ternyata oknum PNS di Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Barat, masih aktif ya,” terang kapolres.

Menurut Budhi, di Sudin Gulkarmat Jakarta Barat, pelaku bekerja sebagai sopir mobil operasional pemadam kebakaran.

Ia sudah mahir mengemudikan mobil damkar, yang menurut Budhi, memerlukan teknik khusus.”Kebetulan karena dia oknum PNS Dinas Pemadam Kebakaran jadi dia juga sudah tahu tekniknya,” ucap Budhi.

Budhi menambahkan, terhitung hingga saat ini pelaku sudah bekerja selama 11 tahun di kedinasannya. Adapun terkait motif pelaku melakukan aksi ini, polisi masih mendalaminya. “Apakah nanti ada faktor ekonomi atau ke faktor lain masih kita dalami dalam proses penyidikan,” kata Budhi.

Januar berdalih dirinya tidak berniat mencuri mobil tersebut namun meminjam lantaran dirinya harus ke kantor untuk mengejar absen. “Saya berniat akan mengembalikan ke tempat semula. Karena saya buru buru untuk absen ke kantor,” tutur lelaki yang diketahuk memilii dua istri ini.

Akibat perbuatannya, Januar dijerat pasal 362 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara.(yahya/b)