Sunday, 16 June 2019

LRT Kelapa Gading – Velodrome Sebetulnya Kapan Dioperasikan?

Kamis, 13 Juni 2019 — 7:07 WIB
sentilan mrt

LRT Kelapa Gading-Velodrome (Rawamangun) sebetulnya dikebut pengerjaannya untuk menyambut Asian Games 2018 pada Agustus 2018. Tapi Dirut PT Jakpro selaku pembangun tiba-tiba diganti. Pekerjaan jadi molor dan gagalah LRT tersebut jadi angkutan Asian Games. Bahkan sampai sekarang tak kunjung dioperasikan, kecuali sekedar uji coba.

LRT (KA ringan) Kelapa Gading – Velodrome sebetulnya bagian dari jaringan LRT Jakarta – Bogor dan Bekasi. Tapi karena lokasinya bersinggungan dengan velodrome Rawamangun yang juga jadi tempat gelaran Asian Games, oleh Gubernur Ahok diprioritaskan agar didulukan pengerjaannya. Cakep kan, kontingen Asian Games bisa ke arena pertandingan dengan naik LRT.

Tapi Tuhan menentukan lain. Ahok kalah dalam Pilgub DKI 2017. Oleh Anies Baswedan gubernur penggantinya, Dirut BUMD Jakarta Propertindo (Jakpro) yang menggarap LRT itu diganti, dari Satya Heragandhi kepada Dwiwahyu Daryoto. Namanya nakoda baru, pasti perlu konsolidasi. Akhirnya LRT yang tadinya untuk sambut Asian Games tak bisa jadi tepat waktu.

Meski molor, akhirnya LRT Kelapa Gading-Velodreme itu berhasil diselesaikan dan  pernah diujicobakan. Tapi ironisnya, sampai sekarang tak ada juga kelanjutannya.  Pejabat A bilang dioperasikan secara komersil tanggal sekian, tapi batal. Digeser tanggal sekian, batal pulak.

PT Jakpro pernah beralasan, jembatan penghubung antara stasiun LRT dan jalur TransJakarta belum tersedia.Lalu yang terbaru, Gubernur Anies mengatakan, LRT Kelapa Gading – Velodrome belum juga beroperasi komersil karena masih menunggu segala proses administrasi yang masih perlu dilengkapi. Dan sekarang, sejak 10 Juni hingga 22 Juni mendatang sedang diuji coba publik.

Jarak antara stasiun LRT Kelapa Gading sampai Velodrome hanya 5 Km. Ibarat kata, jalan kaki warga Ibukota juga nyampai. Kalau naik ojek paling-paling Rp 20.000,- Jika orang penasaran kepengin naik, semata-mata karena penasaran saja. Seperti apa sih nyamannya LRT itu, apakah senyaman MRT Lebak Bulus-Bunderan HI?

Jarak Kelapa Gading – Velodrome memang terasa nanggung banget. Dioperasikan sekarang juga hanya akan menjadi pengobat rasa penasaran belaka. Kecuali jika sudah terkoneksi dengan jaringan LRT Bekasi-Dukuh Atas-Cibubur –Bogor. – (gunarso ts)