Sunday, 16 June 2019

Mobil Tahanan Milik Kejari Jakarta Timur Tidak Layak

Kamis, 13 Juni 2019 — 19:29 WIB
Kondisi kendaraan tahanan milik Kejaksaan Negeri Jakarta Timur yang sudah tak layak. (Ifand)

Kondisi kendaraan tahanan milik Kejaksaan Negeri Jakarta Timur yang sudah tak layak. (Ifand)

JAKARTA – Kondisi mobil tahanan milik Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Timur terbilang sangat tidak layak. Hampir seluruh bodinya berkarat dan pengunci pintunya diganjal besi, sehingga dikhawatirkan malah membuat tahanan kabur.

Seperti pantauan Kamis (14/6/2019) saat kendaraan itu mengambil tahanan di Rutan Cipinang. Di mana dari empat mobil yang ada, dua diantaranya terlihat tidak layak karena semua bodi kendaraan berkarat akibat cat yang terkelupas, kondisi penyok, baret hingga warna yang sudah usang. Bahkan, pintunya belakang mobil harus diganjal dengan besi agar bisa tertutup rapat.

Seorang sopir, yang enggan menyebut namanya mengatakan, ia menyadari bahwa bus yang dia kemudikan sangat tak layak. “Ya memang seperti ini kondisinya, lah wong nggak ada uang perawatan,” katanya, Kamis (13/6/2019).

mobil tahanan kejari jaktim2

Menurutnya, kondisi mobilnya merupakan yang terburuk dari empat kejari yang ada di Jakarta. Ia tak bisa memperbaiki karena memang selama ini uang yang disiapkan hanya cukup untuk beli bahan bakar. “Sudah lebih dari setahun kondisinya seperti ini, untung masih jalan. Cuma kalau ketemu jalan rusak rasanya seperti naik kapal yang kena ombak besar,” ujarnya.

Menurutnya beberapa waktu lalu sempat ada wacana di Kepala kejari Jakarta Timur untuk mengganti bus pengangkut tahanan yang sudah bobrok dengan bus baru. Namun hingga kini wacana penggantian tak juga terealisasi dan hanya tinggal cerita. “Katanya sih mau diganti, tapi enggak tahu kapan digantinya. Diperbaikin saja enggak, ya berdoa saja supaya nggak ada apa-apa,” ungkapnya.

mobil tahanan kejari jaktim3

Lantaran kerap bolak-balik ke Rutan Klas 1 Cipinang, dia merasa miris dengan kondisi bus pengangkut tahanan milik Kejari Jakarta Timur. Pasalnya bus pengangkut tahanan Kejari lain lebih mulus karena dirawat. “Memang harusnya ada anggaran perawatan, karena ini kan punya pemerintah. Tapi enggak tahu juga dananya gimana,” tuturnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Kejari Jakarta Timur Teuku Rahman mengatakan, pengajuan mobil baru sudah dilakukan pihaknya untuk mengganti kendaraan yang ada. Namun karena kapasitas yang ada tidak mencukupi, kendaraan baru belum didapatkan. “Cuma nanti yang lama akan kita perbaiki, namun prosesnya pelan-pelan,” ungkapnya.

mobil tahanan kejari jaktim4

Kajari juga menambahkan, selama ini pihaknya masih fokus membenahi kantor kejaksaan. Hal itu untuk memberikan pelayanan publik terbaik bagi masyarakat yang datang. “Target utama kami saat ini memang sedang perbaiki kantor dulu demi pelayanan publik,” terangnya.

Cara lain yang akan dilakukan, sambung Rahman, dengan meminta bantuan dari Corporate Social Responsibility (CSR) untuk mendapatkan mobil baru. Karena dengan dukungan yang diberikan, pastinya bisa mengganti kendaraan yang saat ini sudah kurang layak. “Kita akan perbaiki dengan meminta bantuan CSR dari berbagai pihak, semoga bisa lebih baik lagi, doakan saja,” pungkasnya. (Ifand/b)