Friday, 23 August 2019

Sidang Perdana Gugatan Pilpres, Tim Hukum Prabowo akan Uraikan Pokok Permohonan

Kamis, 13 Juni 2019 — 12:49 WIB
Tim hukum pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dalam gugatan hasil Pilpres di MK. (ikbal)

Tim hukum pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dalam gugatan hasil Pilpres di MK. (ikbal)

JAKARTA – Mahkamah Konstitusi (MK) akan menggelar sidang perdana gugatan hasil Pilpres 2019. Sidang pada Jumat (14/6/2019) itu akan dimulai pukul 09:00.

Juru Bicara Mahkamah Konstitusi, Fajar Laksono, memgatakan dalam sidang pendahuluan tersebut, akan dilakukan kelengkapan dan kejelasan permohonan dari pemohon, dalam hal ini pasangan Prabowo Subianto – Sandiaga Uno.

“Artinya di situ nanti pemohon diberikan kesempatan untuk menyampaikan pokok-pokok permohonannya di depan persidangan, di depan termohon di depan pihak terkait dan Bawaslu,” ujarnya di Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Kamis (13/6/2019).

Fajar menjelaskan hakim MK akan menilai pokok-pokok permohonan yang disampaikan tim hukum Prabowo – Sandi. Meski demikian penilaian akan dituangkan bersama dengan putusan akhir gugatan.

“Itu nanti akan dijawab semua, permohonan pemohon itu di dalam putusan akhir. Dalam putusan akhir nanti pendapat hukum MK akan dituangkan. Artinya apa? Artinya persidangan dari awal sampai akhir nanti akan dilalui semua dulu. Pemeriksaan pendahuluan, pemeriksaan persidangan, itu semua akan dilalui dan semua akan dirangkai oleh hakim MK dalam keputusan nanti,” jelas dia.

Lebih lanjut dia menerangkan dalam sidang perdana pihak termohon, dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan pihak terkait, yakni Tim Kampanye Nasional Joko Widodo – Ma’ruf Amin dan Bawaslu hanya akan mendengarkan pokok permohonan.

“Iya, hanya mendengarkan. Yang pasti MK kemarin sudah menyampaikan salinan permohonan dan KPU sudah menyampaikan jawaban termohon kemarin dan hari ini melengkapi dan MK sudah memberitahukan secara patut kpd para pihak ini untuk hadir dalam persidangan pendahuluan besok,” pungkas Fajar. (ikbal/yp)