Saturday, 21 September 2019

Tangani Sengketa Pilpres, Begini Cara Lihat Independensi Hakim MK

Kamis, 13 Juni 2019 — 15:07 WIB
Hakim MK, I Dewa Gede Palguna. (ikbal)

Hakim MK, I Dewa Gede Palguna. (ikbal)

JAKARTA – Mahkamah Konstitusi (MK) akan memulai sidang perdana gugatan hasil Pilpres 2019. Sidang dimulai pada Jumat (14/6/2019) hingga 14 hari mendatang. Jelang sidang yang menjadi sorotan publik dalam hingga luar negeri, hakim MK kembali menegaskan independensinya.

Hakim MK, I Dewa Gede Palguna, mengatakan ada cara mudah untuk mengukur independensi para hakim MK dalam sengketa Pilpres 2019 itu. Dia mengatakan publik bisa melihat dengan mengikuti jalannya persidangan baik secara langsung maupun melalui siaran televisi.

“Kalau soal independensi itu berapa kali pun kami membuat pernyataan akan tetap sama bahwa kami pasti akan independen dan imparsial, cari mengeceknya gampang, ikuti persidangan,” ujarnya di Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Kamis (13/6/2019).

Palguna mengukur independensi hakim MK dengan mengkaitkan pertimbangan hukum dengan putusan akhir yang dibuat.

“Ikuti putusan, baca pertinbangan hukumnya, kemudian kaitkan dengan amar putusan. Caranya kan gitu seperti melakukan apa semacam diseminasi terhadap putusan untuk melakukan itu. itu saja,” tandasnya.

Lebih lanjut dia pun berharap agar publik tidak meragukan MK. Menurutnya, independensi hakim MK merupakan marwah lembaga peradilan itu.

“Jangan meragukan independensi dan imparsialitas kami, karena itu adalah harga yang tidak bisa ditawar-tawar. Sebab kalau itu hilang dari lembaga peradilan apapun, lebih-lebih MK, maka marwah peradilan itu akan hilang dengan sendirinya. Jadi itu bukan satu hal yang bisa ditawar-tawar,” tegas dia. (ikbal/yp)