Monday, 22 July 2019

Lolos dari Tabrakan, Marquez Menangi Moto GP Catalunya

Minggu, 16 Juni 2019 — 20:35 WIB
Pembalap tim Repsol Honda, Marc Marquez, merayakan kemenangannya di Grand Prix Katalunya (reuters)

Pembalap tim Repsol Honda, Marc Marquez, merayakan kemenangannya di Grand Prix Katalunya (reuters)

SPANYOL – Balapan Moto GP di Sirkuit Catalunya, Spanyol, Minggu (16/6/2019), dibumbui tabrakan yang melibatkan empat pembalap. Yang luar biasa, Marc Marquez lolos dan selamat dalam tabrakan, yang kemudian melaju di urutan pertama, hingga meraih podium puncak.

Marc Marquez memenangi balapan MotoGP Catalunya. Dominan usai crash yang melibatkan sejumlah pebalap top, Marquez tanpa kesulitan jadi pebalap yang finis pertama.

Dalam balapan ini Marquez yang start dari posisi kedua sempat dilewati oleh Andrea Dovizioso. Namun, crash yang melibatkan para pebalap top di baris depan kemudian menguntungkan Marquez.

Insiden itu saat di lap kedua, Jorge Lorenzo terjatuh dan menyenggol Maverick Vinales, Dovizioso, dan Valentino Rossi. Sejak saat itu, Marquez melaju mulus di posisi terdepan.

Ada pun kejadian yang melibatkan empat pembalap peringkat atas terjadi  di tikungan 10 saat balapan baru berjalan satu lap.  Saat itu Marc Marquez, Jorge Lorenzo, Andrea Dovizioso, Valentino Rossi dan Maverick Vinales, masih tergabung dalam kelompok besar yang memimpin balapan, terlibat kecelakaan.

Kecelakaan bermula saat pembalap Repsol Honda Jorge Lorenzo jatuh dan menabrak pembalap di depannya, Andrea Dovizioso, dan mengenai Vinales dan Rossi.  Keempat pembalap akhirnya gagal melanjutkan balapan.

Namun, pada saat kecelakaan tersebut, Marq Marquez berhasil lolos dari kecelakaan dan melaju sendiri di depan dan akhirnya menjadi juara. Akibat insiden ini, belapan pun berakhir antiklimaks bagi empat pembalap.

Usai kecelakaan dan kembali ke markasnya, Vinales yang disorot kamera terlihat menunjuk-nunjuk kepala dengan menggunakan jarinya.

Pada Moto GP kali ini, yang berhasil fnis di posisi kedua adalah Fabio Quartararo. Ini jadi podium pertama Quartararo di kelas premier. Dengan gagalnya Dovizioso mencapai finis, Ducati masih dapat hasil positif lewat Danilo Petrucci. Petrucci melengkapi podium MotoGP Catalunya dengan finis ketiga.

Alex Rins sempat punya peluang finis di tiga besar setelah bersaing dengan Petrucci dan Quartararo di sepanjang balapan. Namun pebalap Suzuki itu justru membuat kesalahan di lap ke-18 dan harus puas finis keempat.

Ini Hasil MotoGP Catalunya:

Marquez
Quartararo
Petrucci
Rins
Miller
Mir
P.Espargaro
Nakagami
Rabat
Zarco
Iannone
Oliveira
Guintoli

(*/win)