Tuesday, 23 July 2019

Penemuan Diduga Bom Bikin Geger Cirebon

Minggu, 16 Juni 2019 — 0:20 WIB
ilustrasi ledakan bom.(ist)

ilustrasi ledakan bom.(ist)

JAKARTA- Benda diduga bom ditemukan di Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (15/6/2019) malam WIB. Tim Penjinak Bom (Tim Jibom) Polda Jawa Barat masih mengusut benda tersebut. Bersamaan dengan itu pengaman ketat dilakukan di Mapolres Cirebon dan jajarannya,
Kapolres Cirebon Kota AKBP Roland Ronaldy mengatakan, benda diduga bom itu ditemukan di Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPSS) Jalan Sukalila, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon. “Itu pertama kali ditemukan oleh pemulung yang biasa mencari barang bekas di TPSS itu,” ujar Roland Sabtu malam.

“Kita selalu waspada. Sebenarnya kita sudah perketat untuk antisipasi teror,” ucap Kapolresta Cirebon AKBP Roland Ronaldi kepada awak media di Mapolresta Cirebon, Sabtu (15/6/2019) malam.

Hingga malam ini tim jibom mengamankan lima bom aktif berbentuk kaleng yang ditemukan pemulung dari tempat pembuangan sampah. Benda tersebut kemudian dibawa ke Mapolresta Cirebon untuk ditindaklanjuti.

“Kita sedang identifikasi awal. Kemungkinan barang ini merupakan barang bekas peninggalan zaman dulu. Karena ditemukan di tempat pembuangan sampah, saat ditemukan tersimpan dalam plastik,” kata Roland.

Kapolres mengatakan, pemulung yang pertama kali menemukan benda diduga bom itu berinisial Y warga Kampung Pesisir, Kota Cirebon.

Suasana Mapolres Cirebon Kota di Jalan Veteran, Kota Cirebon, tampak ramai. Puluhan petugas tampak bersiaga di Mapolres Cirebon Kota. Bahkan, tampak sejumlah petugas dari Unit Jibom Satbrimob Polda Jabar. (b)