Friday, 19 July 2019

Hanya Semusim di Inggris, Sarri Resmi Pulang ke Italia

Senin, 17 Juni 2019 — 5:22 WIB
Maurizio Sarri (reuters)

Maurizio Sarri (reuters)

ITALIA- Seperti yang sudah banyak diberitakan akhirnya Maurizio Sarri resmi jadi milik Juventus. Pelatih asal Italia itu akhirnya pulang kampung dan hanya semusim betah di Inggris menangani Chelsea.

Sarri akan melatih Juventus selama tiga tahun. Dia menggantikan Massimilano Allegri yang dipaksa mundur setelah dinilai gagal raih juara Liga Champions.

Memang tidak akan mudah bagi pelatih berusia 60 tahun itu menangani Juventus. Selain tuntuan yang besar juga adanya tekanan dari pendukung Napoli. Seperti diketahui sebelum ke Chelsea, Sarri jadi manejer Napoli. Dan Napoli dan Juventus adalah musuh bebuyatan di Serie A.
Keputusan Sarri jadi pelatih Bianconeri disiarkan langsung oleh lama resmi Juventus. Dia mengikat kontrak selama tiga tahun. Tidak itu saja Chelsea sendiri sudah mengkonfirmasi bahwa pelatih kelahiran Napoli,Italia itu sudah tidak lagi berada di Stampford Bridge meski masih memiliki kontrak hingga tahun 2021.
“Kedua klub telah mencapai kesepakatan untuk memutus dini kontrak Sarri di Chelsea, yang masih menyisakan dua tahun, sesuai dengan permintaannya,” demikian pernyataan resmi dari Chelsea, Minggu (16/6).
Namun, belum ada detail resmi soal biaya kompensasi yang dibayarkan Juventus kepada Chelsea guna melepas Sarri dari kontraknya. Media-media Inggris menyebut Bianconeri harus membayar 5-10 juta pound.

Agen Sarri, Fali Ramadani, diyakini jadi sosok penting dalam negosiasi kedua belah pihak sehingga proses pelepasan pelatih 60 tahun itu bisa berjalan lancar. Ramadani jugalah yang menjembatani kepindahan Sarri dari Napoli ke Chelsea tahun lalu.

Sarri baru saja menjalani musim perdananya di Stamford Bridge dengan baik, membawa The Blues juara Liga Europa, finis ketiga Liga Primer Inggris, dan menjadi finalis Piala Liga. Meski demikian, ia terus mendapat kritik dari fans dan media. (B)