Monday, 22 July 2019

Mantan Kapolda Komjen (Purn) Sofjan Jacoeb dan Ustad Lancip Diperiksa Hari Ini

Senin, 17 Juni 2019 — 10:25 WIB
Komjen (Purn) Sofjan Yacob. (ist)

Komjen (Purn) Sofjan Yacob. (ist)

 JAKARTA –Mantan Kapolda Metro Jaya Komisaris Jenderal (Purn) Sofyan Jacob hari ini akan diperiksa terkait kasus dugaan makar. Tak hanya dia, penyidik Polda Metro Jaya juga akan  memanggil Ustadz Lancip terkait kasus ujaran kebencian.

“Ya benar, agendanya seperti itu (hari ini pemeriksaan Sofyan Jacob dan Ustaz Lancip),” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono ketika dikonfirmasi wartawan, Senin (17/6/2019).

Argo menyebut pihaknya belum dapat memastikan apakah kedua orang tersebut akan hadir dalam pemanggilan hari ini atau tidak. Adapun pemeriksaan itu diagendakan pukul 10.00 WIB.

“Insyaallah hadir. Kita tunggu saja kedatangan yang bersangkutan,” tutupnya.

Sementara itu dihubungi terpisah, Kuasa Hukum Sofyan Jacob, Ahmad Yani, mengatakan kliennya akan hadir dalam pemeriksaan tersebut.

“Hadir, sudah jalan duluan, gak ada gak ada persiapan kita belum tau materinya apa, kita juga gak ngerti yang disangkakan, pak Sofyan juga gak paham, penyidik lah kewajiban untuk menunjukkan itu,” kata Ahmad.

Diketahui, Sofyan ditetapkan sebagai tersangja atas kasus dugaan makar. Sofyan dilaporkan oleh seseorang ke Bareskrim Polri. Di mana laporan yang dialamatkan kepada mantan Kapolda Metro Jaya tersebut bersamaan dengan laporan Eggi Sudjana.

Sedangkan Ustadz Lancip dimintai keterangan sebagai saksi atas dugaan tindak pidana ujaran kebencian dan berita bohong yang terjadi pada 7 Juni 2019 di Depok, Jawa Barat.

Pada video yang beredar, ia menyebutkan, ada 60 orang tewas dan ratusan orang masih hilang akibat aksi ricuh 21 – 22 Mei 2019.

Pemeriksaan ini merupakan rujukan atas adanya laporan polisi (LP) yang masuk pada 7 Juni 2019. Laporan itu teregistrasi dengan nomor LP/3473/VI/2019/PMJ/Dit Reskrimsus. Kemudian, rujukan Surat Perintah Penyelidikan nomor SP/Lidik/875/VI/RES.2.5/2019/Dit Reskrimsus, tanggal 8 Juni 2019. (cw2/tri)