Tuesday, 23 July 2019

Normalisasi Kali Ciliwung

Warga Dua RW Kelurahan Cawang Tanyakan Uang Ganti Rugi Pembebasan Tanah

Senin, 17 Juni 2019 — 9:32 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA – Warga di dua RW di Kelurahan Cawang, Kecamatan Kramatjati, yang berada di bantaran Kali Ciliwung, mengeluhkan uang ganti rugi.

Pasalnya, hingga kini uang pergantian atas tanah dan bangunan yang dibebaskan belum juga mereka terima pasca normalisasi kali Ciliwung.

Keluhan itulah yang disampaikan warga dalam layanan pengaduan di kantor kecamatan. Dimana warga dari RW 6 dan RW 16 Cawang, kerap mempertanyakan uang pergantian yang hingga kini belum juga didapatkan, meski tanah dan bangunannya sudah di bongkar.

Camat Kramatjati, Eka Darmawan mengatakan, keluhan ganti rugi itu masih terus disampaikan warga dalam setiap pelayanan pengaduan. Dimana bila dijumlahkan totalnya ada 36 bidang tanah milik warga yang mengadu belum mendapat ganti rugi. “Namun karena bukan kewenangan kami, laporan itu tetap kami terima dan akan kami sampaikan lagi ke dinas Sumber Daya Air,” ujarnya.

Dikatakan Eka, dari laporan yang disampaikan warga, mereka mengaku lahan yang dibebaskan itu sudah menyepakati harga dan berkas sudah divalidasi oleh BPN. Dan karena semua langkah sudah dilakukan, mereka pun mempertanyakan uang ganti rugi tersebut. “Kami pun berharap permasalahan yang dihadapi warga bisa diselesaikan dengan cepat,” tuturnya.

Camat Eka mengaku, memang di tempatnya terdapat tiga wilayah yang terdampak normalisasi Kali Ciliwung. Hal itu terjadi di lahan milik warga di Kelurahan Balekambang, Cililitan dan Cawang. “Yang seharusnya sudah mendapatkan ganti rugi itu warga RW 06 dan RW 16 Cawang,” terangnya.

Ditambahkan Eka, untuk RW 7 Kelurahan Cililitan, baru sampai tahapan penelitian berkas. Kemudian RW 5 Kelurahan Balekambang, baru sampai pada tahapan pemetaan bidang dan sebagian masih dalam proses pemberkasan.

“Sedangkan untuk di RW 2 dan RW 12 Kelurahan Cawang sudah dilakukan pembebasan dan ganti rugi,” sambungnya. (Ifand/tri)