Monday, 22 July 2019

Memerankan “Doyok” Kegantengan Fedi Nuril Hilang

Rabu, 19 Juni 2019 — 5:30 WIB
fedi-nuril

JAKARTA – Bertahun tahun, Fedi Nuril dikenal dengan wajah gantengnya, alim, anteng (cool), dan banyak digandrungi wanita, sebagaimana perannya di film Ayat Ayat Cinta 1 dan 2. Namun sejak memerankan Doyok, kegantengannya “hilang” nyaris tak tersisa.

Fedrian Nuril, aktor 36 tahun ini, berubah menjadi pria culun, berwajah ndeso, yang kerap apes lantaran berteman dengan Otoy (Panji Pragiwaksono) dan Ali Oncom (Dwi Sasono).

Totalitas peran Fedi sebagai aktor tentulah layak diapresiasi. Dia aktor yang tidak terlena dengan peran “stereotype”, sosok alim yang banyak dikeliling wanita cantik. Dia menerima tantangan peran dan mengubah diri, jadi sosok yang selalu apes, miskin dan ndeso di tengah ibukota.

Hal yang mengejutkan adalah Fedi Nuril mengaku dirinya mempunyai persamaan dengan Doyok. Yakni peduli pada perkembangan politik dan gatal untuk mengritik. Namun pada politik seperti sekarang, dia takut akan menyinggung pihak tertentu.

“Karakter Doyok gemar mengkritik pemerintah. Saya takut kalau nanti ‘jokes’-nya salah tempat, karena sekarang sudah ada Undang-undang ITE. Karena sekarang itu tidak bisa ditebak, siapa saja bisa tersinggung,” terang Fedi Nuril usai pemutaram perdana film Mendadak Kaya, di Jakarta Selatan, Kamis (13/6).

Tampil berbeda menjadi sosok Doyok dalam film Mendadak Kaya, rupanya menjadi peluang positif bagi suami dari Calysta Vanny Widyasasti, yang dinikahinya 2016 lalu.

Tidak hanya mendapat pengalaman baru, karakter yang diadaptasi dari komik strip harian ‘Pos Kota’ ini ternyata membuat dirinya lebih berhati-hati dalam mejaga ucapan.

Kepada awak media yang mewawancarainya, Fedi menjelaskan, karakter Doyok sebagai orang Jawa tulen peduli pada berita politik dan gemar mengkritik kebijakan-kebijakan pemerintah, membuatnya hati hati.

Demi mengurangi risiko tersebut, aktor kelahiran Jakarta, 1 Juli 1982 ini intens diskusi dengan sang sutradara, Anggi Umbara, sebelum berakting di depan kamera. Keduanya sama sama menyaring mana naskah yang “aman”.

Bahkan, ia membocorkan saat improvisasi terjadi, dan Fedi ‘keceplosan’ tentang kritik yang sensitif, dengan sigap Anggi pun langsung memotongnya.

Setelah sukses dengan DOA, aksi Fedi Nuril sebagai Doyok akan berlanjut di film ‘Mendadak Kaya’ yang akan beredar di bioskop mulai Kamis, 20 Juni 2019 ini – Dms