Saturday, 21 September 2019

Persija Diimbangi Persela Tanpa Gol

Sabtu, 22 Juni 2019 — 20:28 WIB
Persija melawan Lamongan.  (twitter persija jalarta)

Persija melawan Lamongan. (twitter persija jalarta)

LAMONGAN – Persija ‘Macan Kemayoran’ Jakarta masih belum mampu mengakhiri puasa kemenangan di bawah asuhan pelatih baru, Julio Bañuelos pada ajang Shopee Liga 1 2019. Bermain di Stadion Surajaya, Lomongan, Andritany Ardhiyasa dan kolega harus puas bermain imbang tanpa gol menghadapi tuan rumah Persela, Sabtu (22/6/2019) malam WIB.

Hasil ini seraya membuktikan bahwa Macan Kemayoran belum mampu menunjukkan taringnya dengan status sebagai juara bertahan Liga 1 musim ini. Padahal, tim kebanggaan Ibu Kota Jakarta itu sudah melakukan berbagai upaya dalam mendongkrak performa mereka, termasuk melakukan perubahan di bangku kepelatihan.

Sebelumnya, Persija sudah melakoni tiga laga tanpa kemenangan di bawah asuhan Ivan Kolev. Kali ini, Andritany dan kawan-kawan harus puas berbagi angka dengan Persela yang juga belum mampu mengakhiri puasa kemenangan.

Sama-sama berusaha mengakhiri puasa kemenangan, kedua tim, mampu menampilkan aksi ‘jual beli’ serangan sepanjang babak pertama. Sebagai tuan rumah, Laskar Joko Tingkir, julukan Persela lebih dulu mengawali serangan.

Namun Persela yang mengandalkan Rafael Oliveira, Marcel Kararbo, dan Alex Goncalves di lini depan, tidak mampu memaksimalkan sejumlah peluang untuk memecah kebuntuan. Hal yang sama juga dialami sang tamu, Persija yang masih bertumpu pada Novri Setiawan, Riko Simanjuntak, dan Marko Simic di lini depan. Walhasil, skor imbang tanpa gol tidak berubah, hingga jeda.

Aksi ‘jual beli’ serangan juga kembali mewarnai laga sepanjang babak kedua. Persela mengawali usaha mereka, lewat ketiga pemain saing mereka di lini depan. Pasukan Aji Santoso itu sebenarnya cukup mampu memberikan ancaman.

Namun penampilan menawan Andritany di bawah mistar gawang Persija, membuat usaha mereka kerap berujung tanpa gol. Begitu juga di kubu Macan Kemayoran. Masuknya Bambang Pamungkas di penghujung laga, bahkan tidak juga mampu mengubah keadaan. Skor imbang tanpa gol pun tidak berubah hingga bubaran.

Dengan hasil ini, kedua tim sama-sama belum beranjak dari papan bawah klasemen sementara. Dengan total dua angka dari empat laga yang sudah dilakoni, kedua tim tertinggal 10 angka dari Bali United yang naik ke pucuk klasemen, usai menang atas tamunya PSIS Semarang 1-0 pada hari yang sama. Satu-satunya gol penentu kemenangan Bali United dicetak Ilija Spasojević pada menit ke-70. Sementara pada laga lainnya, Kalteng Putra kembali melanjutkan kejutan sebagai tim promosi musim ini dengan mengalahkan Barito Putera 2-1.

Dalam laga bertajuk derby Kalimantan tersebut, Barito yang berstatus sebagai tuan rumah, sebenarnya unggul lebih dulu lewat gol Rafael da Silva Santos pada menit ke-52.

Kalteng berhasil bangkit dari ketertinggalan dan berhasil memastikan kemenangan, berkat gol Diogo Campos Gomes (57″) dan I Gede Sukadana Pratama (76″). Dengan hasil itu, Kalteng merayap ke tangga keempat dengan tujuh angka, atau unggul tiga angka dari PSIS. Sedangkan Barito kian terendam di dasar klasemen dengan satu angka. (junius/yp)