Saturday, 20 July 2019

Agustus, Rusun KS Tubun dan 11 Rusun Lain di DKI Diresmikan

Senin, 24 Juni 2019 — 14:44 WIB
Rusunawa KS Tubun Jakarta Barat. (dok/cw4)

Rusunawa KS Tubun Jakarta Barat. (dok/cw4)

JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan meresmikan 12 unit Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) pada Agustus 2019 mendatang. Salah satunya yakni Rusunawa KS Tubun di Palmerah, Jakarta Barat.

Kepala Bidang Pembinaan, Penertiban, dan Peran Serta Masyarakat Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim) DKI Jakarta, Meli Budiastuti mengatakan saat ini tengah dilakukan verifikasi terhadap para calon penghuni rusunawa tersebut.

“Paling lambat rencananya memang di bulan Agustus. Saat ini sedang proses verifikasi terhadap para termohon yang mendaftar,” kata Meli saat dikonfirmasi wartawan, Senin (24/6/2019).

Setelah dilakukan verifikasi ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) serta Badan Pajar dan Retribusi Daerah (BPRD) terkait latar belakang pemohon seperti kepemilikan rumah dan mobil jika terbukti memiliki rumah dan mobil maka tidak akan diberikan. Setelah lolos selanjutnya dilakukan pengundian dan serah terima kunci unit yang akan ditempati.

“Lakukan verifikasi ke Dukcapil, dan BPRD, kan mengenai persyaratan-persyaratan itu, apakah dia memiliki rumah, apa dia memiliki kendaraan roda empat, dan sebagainya, (setelah itu) pengundian, langsung serah terima kunci,” ucap Meli.

Dia menjelaskan, total mencapai 9.430 unit dari 12 Rusunawa yang akan diresmikan oleh Pemprov DKI. Khusus untuk Rusunawa KS Tubun yang memiliki beberapa tower mampu menampung 525 unit namun dia belum bisa memastikan jumlah pemohon yang sudah diverifikasi.

Ke-12 Rusunawa yang akan diresmikan beserta jumlah unit yang disediakan yakni Rusun BLK Pasar Rebo sebanyak 346 unit, Rusun Nagrak sebanyak 3.570 unit, Rusun Rorotan sebanyak 1.020 unit, Rusun Semper sebanyak 233 unit, Rusun K.S Tubun sebanyak 524 unit.

Selanjutnya, Rusun Rawa Buaya sebanyak 778 unit, Rusun Pulogebang Penggilingan sebanyak 636 unit, Rusun Penggilingan sebanyak 1.530 unit, Rusun Pulogebang sebanyak 255 unit, Rusun Rawa Bebek sebanyak 255 unit, Rusun Pengadegan 188 unit, dan Rusun Tegal Alur sebanyak 95 unit. (yendhi/ys)