Monday, 22 July 2019

Jakarta, Maunya Nggak Macet Lagi

Senin, 24 Juni 2019 — 6:32 WIB
ondel

BANYAK banget ucapapan yang datang untuk Jakarta. Bukan saja warganya sendiri tapi dari selatan,timur dan barat. ”Selamat ultah ya, semoga Jakarta tetap Jaya!”

Jakarta, siapa yang nggak kenal dengan kota beken di Nusantara? Kota yang sebelumnya dikenal dengan nama Sunda Kelapa dan Jayakarta dalam kesultanan Banten. Tapi, dia juga dikenal dengan nama Batavia ketika dibawah penguasaan Belanda.

Okelah, Jakarta yang ibukota negara RI ini sudah berusia 492 tahun, banyak perubahan yang terus menerus , di Jakarta terutama prasarana transportasi, dari Tranjakarta,atau busway, MRT, dan lainya  yang sekarang sidah bisa digunakan warga untuk kebutuhan transportasinya. Kerja atau sekadar jalan-jalan, sekarang warga bolehlah naik angkutan tersebut daripada memakai kendaraan pribadi.

Pokoknya kalau mau ke Jakarta, boleh menikmati moda angkutan canggih tersebut ya. Apalagi Jakarta juga punya berbagai destinasi wisata, tempat rekreasi, seperti TMII, Ancol, Ragunan, TIM, Monas, Taman Kota Tua, dan banyak lagi. Kota yang dipenuhi juga oleh hotel besar,mal-mal, bioskop dan tempat hiburan siang dan malam. Kota-kota dan gedung bersejarah ada di sini.

Apalagi?  O, iya, masih ada penduduk di pnggiran kali. Inilah mereka yang pertama kali selalu mendapat bagian genangan air ketika musim hujan, bukan saja dari hujan lokal tapi juga kiriman dari Bogor.

Ya, itulah Jakarta. Maunya yang namanya banjir dan macet, nggak ada lagi, ya. Tapi, itu semua adalah kemauan warga yang merasa memiliki ibukota ini, untuk dijaga bersama. Misalnya, jangan buang sampah di kali, jangan membangun sembarangan, jangan pakai kendaraan pribadai kalau hanya sendiri? Oke, gunakan transportasi yang sudah disediakan pemerintah, dari ojol sampai yang super cepat tanpa macet.

Nah, kelau begitu beri ucapan ‘Selamat Ulang Tahun Jakarta, selamat tinggal banjir dan macet!  – (massoes)