Monday, 19 August 2019

KPU Terima Apapun Hasil Keputusan Sengketa Pilpres di MK

Senin, 24 Juni 2019 — 12:48 WIB
Viryan Azis, komisioner KPU. (ikbal)

Viryan Azis, komisioner KPU. (ikbal)

JAKARTA – Komisi Pemiluhan Umum (KPU) siap bila Mahkamah Konstitusi (MK) mempercepat putusan sengketa hasil Pipres. Putusan itu dijadwalkan akan dilakukan pada 28 Juni 2018.

“KPU siap apapun putusan MK, baik terkait Pilpres ataupun Pileg,” ujar Komisioner KPU Viryan Azis di kantor KPU, Senin (24/6/2019).

Menurutnya, hal itu selalu dilakukan KPU. “Rekam jejak KPU selama ini terhadap putusan MK yang harus ditindaklanjuti selalu kami tindaklanjuti, baik ada petitum yang di kabulkan mahkamah maupun petitumnya tidak dikabulkan. Termasuk kalau keputusannya dipercepat.

Usai pembacaan putusan MK, KPU sebgai termohon diberi waktu paling lama 3 hari untuk menindaklanjuti putusan. “Misalkan itu dalam hal permohonan pemohon tidak diterima mahkamah, maka KPU akan lanjut dengan tahapan berikutnya, yakni penetapan paslon capres-cawapres terpilih 2019,” katanya.

Seballiknyam bila ada petitum pemohon yang dikabulkan mahkamah, maka KPU juga wajib melaksanakan putusan itu. Ia memberi contoh bila MK memutuskan melakukan pemilu ulang atau pemilu sebagian maka hal itu harus dilaksanakan.

“Atau misal dari fakta persidangan alat bukti yang ada, dokumen-dokumen yang disampaikan oleh pemohon, misalnya suara 52 persen dengan 48 persen yang benar dan itu diputuskan oleh mahkamah, KPU pasti akan menindaklanjutinya,” tambahnya. “Jadi apa pun putusan mahkamah, KPU akan menjalankan dengan sebaik-baiknya.”

Viryan juga mengatakan KPU akan menghadiri sidang putusan perselisihan hasil pemilu di MK. “Insya Allah, mudah-mudahan selama waktunya pas, komitmen kita hadir semua,” ucapnya. (*/yp)