Tuesday, 17 September 2019

DPRD DKI Janji Permuda Pemilihan Calon Wakil Gubernur

Rabu, 26 Juni 2019 — 6:14 WIB
Suasana rapat paripurna di Gedung DPRD DKI

Suasana rapat paripurna di Gedung DPRD DKI

JAKARTA – DPRD DKI Jakarta berjanji akan mempermudah pemilihan calon wakil gubernur. Dari tata tertib yang disusun pemilihan akan digelar jika jumlah anggota dewan hadir 54 dari 106 anggota atau 50+1.

Hal tersebut disampaikan Ketua Pansus Pemilihan Wagub DKI Jakarta Mohamad Ongen Sangaji usai menggelar rapat penggodokan tata tertib pemilihan Wagub di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (25/6). Sedangkan pemilihan sudah dijadual pada 22 Juli mendatang.

Persyaratan kuorum dan suara 50+1 tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, Kabupaten, dan Kota

“Artinya, paripurna pemilihan Wagub baru bisa dilaksanakan apabila dihadiri fisik 54 anggota Dewan. Nah, Wagub yang dipilih juga harus memperoleh suara 50 persen plus satu dari anggota Dewan yang hadir. Jadi cukup raih 28 suara, Cawagub yang maju bisa menang,” kata politisi Partai Hanura ini.

Namun, dua calon wagub yakni Agung Yuliato atau Ahmad Syaikhu tak bisa serta merta bisa melenggang mulus ke Balai Kota, karena dalam klausul tata tertib lainnya disebutkan, apabila gagal kuorum, maka soal pemilihan Wagub dikembalikan kepada pimpinan DPRD dan fraksi untuk dilakukan musyawarah mufakat.

“Jika nggak bisa mufakat, maka nantinya ada keputusan baru. Apakah dua Cawagub usulan PKS masih dipertahankan atau tidak, itu terserah rapat pimpinan yang memutuskan,” kata Ongen.(john/b)