Monday, 22 July 2019

Pemkot Jakarta Selatan Gencar Gelar Uji Emisi Kendaraan

Rabu, 26 Juni 2019 — 1:05 WIB
Walikota Jakarta Selatan saat melakukan uji emisi kendaraan di TPM Kalibata. (wandi)

Walikota Jakarta Selatan saat melakukan uji emisi kendaraan di TPM Kalibata. (wandi)

JAKARTA– Mengendalikan udara bersih, Sudin Lingkungan Hidup, Pemkot Jakarta Selatan menggelar uji emisi. Kegiatan yang digelar selama tiga hari Selasa (25/6) hingga (27/6) ditiga lokasi berbeda ini ditargetkan sebanyak 2.500 kendaraan roda empat akan dilakukan uji emisi.

Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali mendukung langkah yang dilakukan Sudin LH yang menggelar uji emisi di di Kawasan Depan TMP Kalibata, Pancoran dengan tujuan mengendalikan udara bersih di wilayah Jakarta Selatan. Menurutnya, memang selama ini kendaraan semakin banyak sehingga pencemaran udara akibat asap kendaraan tentu sangat tinggi.

“Saya berharap kepada pemilik kendaraan tetap memperhatikan perawatan kendaraan. Bahkan saat ini kita juga sudah ikut andil dalam mengembalikan udara yang bersih dan sehat,” ujar Marullah Matali, Selasa (25/6).

Kepala Seksi Pengawasan Pengendalian Dampak Lingkungan dan Kebersihan Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Selatan Endah Wahyuningsih menambahkan, uji emisi kali ini dilakukan di tiga lokasi selama tiga hari. Selama tiga hari ini pihaknya menargetkan 2.500 kendaraan dilakukan uji emisi.

“Hari ini berlokasi di kawasan depan TMP Kalibata, Rabu (26/6) di depan Stasiun Universitas Pancasila arah Depok, dan Kamis (27/6) di Halaman Mall One Bellpark. Mudah-mudahan dengan cara ini gas buang emisi di wilayah Jakarta Selatan akan semakin membaik,” terang Endah Wahyuningsih.

Rozi yang ikut serta uji emisi saat melintasi Jalan Raya Kalibata mengaku sangat senang. Menurutnya dengan melakukan pengujian emisi kendaraan gratis tersebut sangat bagus untuk mengembalikan udara yang bersih di Ibukota.

“Ini selain dapat dimanfaatkan untuk sosialisasi kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga kualitas udara tetap baik. Makanya saya sangat senang dan mendukung adanya uji emisi gratis ini,”kata warga Depok yang mengaku baru pertama kali uji emisi. (wandi)