Monday, 22 July 2019

Cegah Narkoba di Kalangan Milenial, Pemkot Depok Godok Tiga Perda

Kamis, 27 Juni 2019 — 0:10 WIB
Walikota Depok Muhammad Idris saat kegiatan HANI di Balaikota Depok.  (anton)

Walikota Depok Muhammad Idris saat kegiatan HANI di Balaikota Depok. (anton)

DEPOK – Tiga Peraturan daerah (Perda) dan Perda Penegakan Satuan Polisi (Satpol) PP menjadi bagian pencegahan penyalahgunaan narkoba di kalangan milenia atau generasi muda di Kota Depok, Jawa Barat.

“Penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja atau milenial semakin parah untuk mengantisipasi dan membatasi ruang gerak selain peran serta masyarakat jajaran Pemkot Depok siap menerbitkan tiga perda , ” kata Walikota Depok Muhammad Idris saat acara Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) di Balaikota Depok, Rabu (26/6/2019).

Ketiga Perda tersebut antara lain Perda Ketahanan Keluarga, Perda Kota Layak Anak, Perda Pendidikan dan menguatkan Perda Satpol PP kini tengah direhulasin dan akan direalisasikan dalam tahun 2019 ini.

Perda Ketahanan Keluarga, tambah dia, menjadi salah satu lingkungan terbaik pencegahan narkoba. “Keluarga berfungsi sebagai unit kecil di masyarakat sebagai filter dan pengawasan yang pertama untuk meningkatkan kepribadian lebih baik, ” ujarnya.

Rumah tanggga adalah sumber kebahagian bagi keluarga khususnya anak yang tumbuh dewasa karena masalah itu bukan hanya tanggung jawab pemerintah tapi semua masyarakat.

PEMAKAI DINILAI CULUN

Di tempat terpisah, Wakil Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Benyamin Davnie, dalam kegiatan HANI di wilayahnya tentunya sangat prihatin dengan makin maraknya peredaran Narkoba di kalangan generasi muda serta anak anak sekolah.

“Generasi muda atau anak remaja sekarang harus berani mengatakan tidak dan menjauhi penyalahgunaan narkoba,” ujarnya yang menambahkan jika masih ada yang mencoba dan memakai narkoba dipasti itu orang kurang kekinian dan cupu atau culun.

Mereka harus mengetahui dampak buruk dari penyalahgunaan narkoba. Makanya lebih baik mengarahkan pergaulan ke kegiatan yang lebih positif, katanya. (anton/b)