Friday, 20 September 2019

Pemkot Depok Dinilai Lempar Tanggung Jawab Soal Perbaikan Jembatan Ambrol

Jumat, 28 Juni 2019 — 18:10 WIB
Kemacetan parah akibat jembatan Mampang di Jl. Raya Sawangan ambrol.  (anton)

Kemacetan parah akibat jembatan Mampang di Jl. Raya Sawangan ambrol. (anton)

DEPOK –  Pemakai kendaraan yang setiap hari melintas di perempatan Mampang atau Jembatan Mampang,  Jl. Raya Sawangan berharap Pemkot Depok segera melakukan perbaikan sementara badan jembatan yang ambrol pada Kamis (27/6/2019), untuk mengantisipasi kemacetan usai liburan sekolah .

“Kondisi sekarang masih suasana libur sekolah jadi belum begitu padat atau ramai . Jika sudah masuk sekolah, perempatan Mampang persis bakal krodit, ” kata Ny. Fathardani,  warga Rawa Denok,  Pancoran Mas,  Jumat (28/6).

Pemakai kendaraan maupun masyarakat Depok di wilayah Sawangan,  Cipayung,  Bojongsari,  Limo maupun Pancoran Mas intinya tidak tahu apakah jembatan ambrol itu menjadi kewajiban pemerintah pusat atau propinsi Jawa Barat.

Mereka hanya berharap ada upaya perbaikan sementara jembatan yang ambrol tersebut.

Menurut dia,  warga sudah bayar pajak kendaraan dan PBB ke Kota Depok, masa Pemkot Depok hanya diam saja dan terkesan malah melempar tanggung jawab dengan berkoordinasi ke pemerintah pusat maupun propinsi Jabar.

“Harus ada perbaikan walaupun sifatnya sementara asalkan jembatan di Jl. Raya Sawangan dapat dilalui dua arah. Bukan malah menunggu dan menggunakan sistem buka tutup arus lalu lintas,” tuturnya.

Kalau menunggu perbaikan jembatan ambrol dari pemerintah pusat maupun propinsi Jabar,  lanjutnya,   kapan diperbaiki dan selesainya.

“Kok terkesan Pemkot Depok lempar tanggung jawab kan ada dana talangan atau pemeliharaan yang dapat dipakai serta dipertanggung jawabkan jika untuk kepentingan masyarakat banyak, ” ujarnya Kecewa.

 Bukan Wewenang Depok

Sementara itu,  Walikota Depok Muhammad Idris didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) setempat Dadan Rustandi,  tidak mau berkomentar banyak terkait ambrolnya badan jembatan Mampang di Jl. Raya Sawangan,  Pancoran Mas.

“Upaya mengatasi Jembatan Mampang yang ambrol tersebut bukan kewenangan dan kewajiban Pemkot Depok karena Jl. Raya Sawangan dan Jembatan Mampang menjadi tanggung jawab serta kewenangan pemerintah pusat dan propinsi Jabar, karena itu Jalan Pusat dan menjadi kewenangan nasional, ” tutur Dadan Rustandi singkat. (anton/tri)