Saturday, 24 August 2019

Kartu Merah saat Lawan Persib, Banuelos: Berpengaruh ke Permainan Tim

Rabu, 10 Juli 2019 — 21:14 WIB
Pesepak bola Persija Jakarta Marko Simic melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Persib Bandung. (toga)

Pesepak bola Persija Jakarta Marko Simic melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Persib Bandung. (toga)

JAKARTA – Pelatih Persija, Julio Banuelos berharap kartu merah Novri Setiawan yang terjadi pada laga melawan Persib Bandung, tidak terulang lagi. Hal itu diungkapkan Banuelos usai Persija ditahan Persib 1-1 dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Rabu (10/7/2019).

Macan Kemayoran pun masih belum beranjak dari papan bawah klasemen sementara. Dengan raihan enam poin, Ismed Sofyan dan kolega hanya unggul dua angka dari batas akhir zona merah, hunian Persipura dari tujuh laga usai ditahan Perseru Badak Lampung 1-1 pada saat yang bersamaan di Stadion Mandala, Jayapura. Dari enam laga, Persija bahkan baru mencatat satu kemenangan. Itu terjadi saat mereka menjamu PSS Sleman 1-0 di Stadion Patriot, 3 Juli lalu.

“Kehilangan Novri tentu sangat mempengaruhi permainan tim. Kartu merah Novri sungguh di luar dugaan kami, sehingga membuat para pemain kehilangan fokus dan kecolongan di penghujung pertandingan, meskipun secara keseluruhan saya puas dengan performa para pemain. Tapi saya berharap kejadian ini tidak terulang lagi di laga berikutnya,” kata Banuelos kepada para awak media, usai timnya ditahan oleh Persib 1-1 kontra Persib di SUGBK.

Persija sebenarmya mendapat keuntungan, mengingat polisi melarang suporter tim tamu datang ke SUGBK. Dominasi The Jak Mania bahkan kian terasa dan membuat para pemain lawan sempat gugup di awal-awal laga. Hal itu diakui pelatih Persib, Robert Rene Alberts saat memberi keterangan, usai laga. Beruntung, Persib mampu menahan permainan Macan Kemayoran, tanpa gol sepanjang babak pertama.

Namun Persija akhirnya bisa memecah kebuntuan, berkat gol Marko Simic lewat tandukan usai memanfaatkan umpan sepak pojok Riko Simanjuntak pada menit ke-75. Sayang, unggul 1-0 membuat pasukan Banuelos justru harus menerima kerugian setelah dipaksa bermain dengan 10 orang akibat kartu merah Novri Setiawan, tiga menit berselang. Novri langsung diganjar Kartu merah setelah mendang bola ke arah Ezechiel N’Douassel, usai dirinya dilanggar.

Unggul jumlah pemain, membuat Persib lebih leluasa dan menghindari kekalahan setelah menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Kemelut di depan gawang Shahar Ginanjar dimanfaatkan Artur Gevorkyan menjadi gol, sekaligus memulangkan Persib dengan ole-ole satu angka.

Meski begitu, Persib tetap tercecer di papan bawah dengan tujuh angka dari tujuh laga. Sementara itu, Borneo FC sukses menekuk PSIS Semarang 2-0 pada laga lainnya di hari yang sama. (junius/yp)