Friday, 19 July 2019

Boulevard GDC Depok Rusak, Perbaikan Ditanggung Pemkot dan Pengembang

Kamis, 11 Juli 2019 — 21:35 WIB
Kondisi badan Jl. Raya GDC di dekat pintu gerbang GDC pertigaan Jl. Raya Kartini, Depok yang dbetonisasi.  (anton)

Kondisi badan Jl. Raya GDC di dekat pintu gerbang GDC pertigaan Jl. Raya Kartini, Depok yang dbetonisasi. (anton)

DEPOK –  Jalan utama atau Boulevard Perumahan Grand Depok City (GDC), Sukmajaya, mengalami kerusakan cukup parah. Kini, kerusakan itu mulai diperbaiki. Warga berharap pengerjaan dilakukan secara profesional.

“Rusaknya cukup parah di ujung barat dekat jembatan Kali Ciliwung di GDC,  itu perlu ditangani serius dan profesional,” ucap Herman,  warga Sukmajaya,  Depok,  Kamis (11/7/2019).

Keluhan kaitan kerusakan badan Jalan  Raya GDC sekitar Jembatan Kali Ciliwung sudah berulang kali disampaikan dan baru kali ini dikerjakan dengan betinisasi sebelumnya hanya tambal sulam saja.

Ia berharap jalan utama yang  menjadi salah satu jalan alternatif warga  Cilodong dan Sukmajaya maupun dari arah Depok dan Citayam melintas, segera diperbaiki.  “Warga sebetulnya sudah kesal karena keluhan rusaknya Boulevard GDC tidak ditanggapi serius Pemkot Depok selama ini, ” tuturnya.

Ia juga menyatakan, Pemkot berandil rusaknya jalan di tanjakan keluar GDC, karena di lokasi itu oleh Dishub dijadikan tempat putaran seluruh kendaraan yang melintas dari arah Depok ke Citayam.

Arus kendaraan di Jalan Kartaini yang sebelumnya lurus ke arah Citayam, sejak beberapa waktu lalu diputar ke arah GDC, sehingga di tempat putaran beban jalan jadi berat, akibatnya badan jalan jadi rusak.

Perbaikan Bertahap

Sementara itu, Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Depok, Nina Suzana, mengatakan Jalan Raya GDC sepanjang 4.917 meter merupakan aset Pemkot Depok tapi pengelolaan menjadi tanggung jawab bersama dengan pengembang setempat.

Mengenai tanggungjawab dan perbaikan Jl. Raya GDC, Sukmajaya dibagi dua yaitu mulai dari jalan turunan atau masuk pertigaan Jl. Raya Kartini hingga ke kantor Damkar Depok menjadi kewenangan pihak pengembang GDC. “Mulai dari Damkar Depok hingga Pasar Pucung, Cilodong menjadi kewenangan Pemkot Depok, ” tuturnya.

Sedangkan, Estate Manager GDC, Aksan Raharjo, mengakui betonisasi Jl. Raya GDC tengah dilakukan disisi sebelah kiri sebelum Jembatan GDC. Secara bertahap badan Jl. Raya GDC mulai dari pintu masuk hingga Ruko Verbena bakal diperbaiki.

“Untuk betonisasi bada jalan diperkirakan butuh waktu dua bulan, ” tuturnya yang menambahkan betonisai dan perbaikan diperkirakan menelan dana sekitar Rp 2,8 miliar.  (anton/win )