Friday, 20 September 2019

De Jong Datang, Vidal Terancam Hengkang

Kamis, 11 Juli 2019 — 20:22 WIB
Frenkie De Jong (reuters)

Frenkie De Jong (reuters)

SPANYOL – Kedatangan pemain muda asal Belanda, Frenkie De Jong, berusaha dimanfaatkan Inter Milan untuk memboyong Arturo Vidal dari Barcelona. Seperti dilansir Calciomercato, keinginan Inter untuk menggunakan jasa Vidal bahkan sudah diutarakan pihak klub, meski mereka masih memburu tanda tangan gelandang Cagliari, Nicolo Barella.

Pasalnya, peluang Inter untuk mendapatkan Vidal cukup besar, seiring kedatangan De Jong yang digaet dengan mahar 75 juta euro (setara Rp1,18 triliun). Sebenarnya, Vidal bukanlah incaran baru bagi Inter. Gelandang asal Chili itu hampir bergabung bersama Inter pada bursa transfer musim panas 2018 lalu.

Namun, di akhir-akhir negosiasi, Vidal memutuskan bergabung bersama Barcelona. Selain itu, sejauh ini Vidal pun tidak berstatus sebagai pemain reguler Barcelona selama musim 2018-2019.

Situasi itu membuat Vidal dikabarkan sudah tidak betah di Barcelona terlebih setelah ia gagal mempersembahkan trofi Liga Champions usai disingkirkan Liverpool di babak semifinal. Ditambah lagi dengan kedatangan De Jong ke Camp Nou.

Di sisi lain, peluang Vidal untuk mengisi skuad utama Inter semakin terbuka, mengingat ia akan diasuh oleh Antonio Conte, mantan pelatihnya saat masih bersama Juventus dalam kurun 2011-2014. Sayang hingga saat ini belum ada pernyataan resmi dari Vidal. terkait keinginan Inter.

Yang pasti, alasan Inter memburu Vidal karena gelandang berusia 32 itu dikabarkan bakal menggantikan posisi Radja Nainggolan yang tidak lagi masuk rencana Conte setelah dikait-kaitkan dengan sejumlah klub asal Tiongkok. Sementara itu, De Jong sendiri memiliki ambisi ambisi lain sebelumnya dirinya resmi bergabung dengan Barcelona.

Permain berusia 22 itu mengaku ingin meniru jejak karier Marc Overmars dengan bergabung bersama Arsenal. Namun pada akhirnya, ia lebih memilih Barcelona untuk meninggalkan Ajax Amsterdam.

Di Camp Nou, De Jong pastinya diharapkan bisa mengulangi performa apiknya seperti saat masih memperkuat Ajax guna mendulang banyak kesuksesan di musim 2019/20 mendatang, bersama Barcelona.

“Dalam pikiran saya, Ajax-Arsenal-Barcelona adalah rute impian perjalanan karier saya, seperti layaknya Overmars. Tetapi, apabila bisa langsung hijrah ke Barcelona, maka Anda berada tepat di tempat yang diinginkan. Itu juga merupakan suatu mimpi yang datang lebih cepat,” ujar De Jong dikutip dari Express.

Selain Vidal, kedatangan De Jong juga turut mengancam keberadaan gelandang Barcelona lainnya, seperti Ivan Rakitic. Sejauh ini Barcelona telah membuka kesempatan untuk melepas Rakitic selama bursa transfer musim panas ini. Namun hingga saat ini, belum ada keterangan resmi dari sejumlah klub yang ingin memboyongnya dari Camp Nou. (junius/yp)