Friday, 19 July 2019

Libas Kalteng, Persela Tinggalkan Zona Merah

Kamis, 11 Juli 2019 — 22:19 WIB
Pemain Persela melakukan selebrasi. (instagram @perselafc)

Pemain Persela melakukan selebrasi. (instagram @perselafc)

JAKARTA  – Persela Lamongan mampu meengakhiri paceklik kemenangan untuk meninggalkan zona merah klasemen sementara Shopee Liga 1 2019 setelah menggilas tamunya Kalteng Putra 3-0 di Stadion Surajaya, Kamis (11/7/2019). Kemenangan ini sekaligus menjadi sinyal kebangkitan Persela di bawah asuhan pelatih Nil Maizar.

Hal itu tentunya harus diwaspadai oleh Bali United yang bakal menjadi calon lawan mereka pada laga selanjutnya di tempat yang sama. Jika tidak ada halangan, laga tersebut akan digelar pada Kamis (18/7/2019). Apalagi kemenangan perdana yang tim berjuluk Laskar Joko Tingkir tersebut, terjadi di depan publiknya sendiri.

Hal itu tentu menambah rasa percaya diri pasukan Nil untuk melawan Bali United yang belum tergoyahkan di pucuk klasemen. Ditambah dengan kembalinya ketajaman Alex dos Santos Goncalves di lini depan.

Pemain berusia 29 itu menjadi sorotan setelah mencetak hatrik ke gawang Kalteng Putra. Goncalves sukses membuka keunggulan Persela usai memanfaatkan umpan Rumbino untuk membawa tuan rumah, unggul 1-0 di menit ke-39.

Merasa belum puas, Goncalves kembali mencatatkan namanya di papan skor untuk menggandakan keunggulan Persela pada masa injury babak pertama. Lepas dari jabakan offside, ia sukses memanfaatkan kemelut di depan gawang Kalteng Putra, sekaligus menutup babak pertama dengan skor 2-0.

Goncalves melengkapi hatrriknya pada laga itu setelah ia berhasil memanfaatkan ‘blunder’ kiper Kalteng Putra, Dimas Galih pada menit ke-63. Bola sepakan Dimas yang harusnya tertuju pada rekan satu timnya, malah mengenai punggung Kei Hirose.

Bola rebound pun mengarah kepada Goncalves yang berdiri bebas. Penyerang asal Brasil itupun tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan tersebut dengan menjebol gawang Dimas. Skor pun berubah menjadi 3-0. Sejak saat itu tidak ada lagi gol yang tercipta hingga laga bubaran.

Dengan tambahan tiga angka ini, Persela pun melesat meninggalkan zona degradasi dan nangkring di tangga 15 dengan lima poin dari delapan laga yang sudah mereka lakoni. Laskar Joko Tingkir unggul dua angka dari dasar klasemen, hunian Semen Padang yang baru melakoni enam laga.

Itu artinya, Persela masih wajib menerusakan momen kebangkitan mereka pada laga-laga selanjutnya jika tidak ingin kembali masuk ke dalam zona merah. Sementara bagi Kalteng, kekalahan ini menambah panjang hasil buruk mereka dalam beberapa laga terakhir.

Sejak mengalahkan Barito Putera pada 22 Juni lalu, tim berstatus promosi di Liga 1 2019 tersebut, belum pernah lagi mencicipi kemenangan dengan sekali bermain imbang dan tiga kali kalah. Dengan hasil itu, tim berjuluk Enggang Borneo tersebut melorot ke papan tengah dengan raihan delapan angka dari delapan pertandingan.

Tim besutan Mário Gomes de Olivera tersebut, hanya unggul dua angka dari Arema FC yang akan melakoni laga ketujuh mereka dengan menghadapi tuan rumah Semen Padang, Jumat (12/7/2019) pukul 15:30 WIB ini. (junius/yp)