Friday, 19 July 2019

PPIH Sektor 8 Makkah Siap Sambut Jamaah Haji Jawa Barat

Kamis, 11 Juli 2019 — 19:00 WIB
Petugas haji dari sektor 8 melakukan apel siaga untuk menyambut kedatangan jemaah haji asal Jawa Barat masuk Mekkah pada 15 Juli 2019. (ist)

Petugas haji dari sektor 8 melakukan apel siaga untuk menyambut kedatangan jemaah haji asal Jawa Barat masuk Mekkah pada 15 Juli 2019. (ist)

JAKARTA – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Sektor 8 Daerah Kerja Mekkah siap sambut kedatangan jemaah haji Jawa Barat masuk Mekkah.

Ketua Sektor 8, Abu Bakar Sidik di Mekkah, Kamis (11/7/2019) WIB, menyebutkan jemaah haji Indonesia akan masuk Kota Mekkah pada 15 Juli 2019. Ini termasuk jemaah haji Embarkasi DKI Jakarta untuk jemaah haji asal Jawa Barat.

“Kami terus berbenah. Sejumlah persiapan dilakukan demi memastikan pelayanan prima bagi jamaah Sektor 8,” terang Abu Bakar.

Menurut dia, Sektor 8 ini berlokasi di daerah Misfhalah ini bertanggung jawab melayani 18.610 jamaah haji asal Jawa Barat yang akan tinggal di 12 hotel di wilayah Misfhalah.

Abu Bakar menyatakan pihaknya telah siap menerima kedatangan rombongan jamaah Kloter 1 dan 2 yang diperkirakan tiba dari Madinah pada Senin malam, tanggal 15 Juli 2019.

”Sejak kami datang dari Jakarta, hari pertama kami langsung menggelar apel dan melakukan orientasi lokasi pelayanan jamaah. “Kami telah melakukan survei 12 hotel menampung 18.610 jamaah haji Jawa Barat,” papar dia.

Ia menegaskan untuk pembagian tugas dibagi empat grup yang akan  bertanggungjawab atas tiga hotel jemaah. Dari hasil pengecekan di Sektor 8 Misfhalah, rata-rata sudah hampir siap 100 persen. “Hanya ada satu hotel yang belum siap namun kami memastikan, sebelum Senin, seluruh hotel telah siap 100 persen,” katanya.

Menurut Kepala Bidang Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kanwil Kementerian Agama Jawa Barat ini, jika ada hotel yang fasilitasnya belum sesuai dengan dokumen kontrak, maka pihaknya langsung menegur dan mendesak pihak hotel. Tujuannya agar cepat melengkapi fasilitas yang telah diperjanjikan.

Sementara itu Sekretaris Sektor 8, Ibnu Anwarudin, menambahkan bahwa untuk tahun ini jw]amaah haji asal Jawa Barat seluruhnya ditempatkan di wilayah Misfhalah. Semua dibagi dalam 2 sektor, yaitu Sektor 8 dan Sektor 7. (johara/yp)