Sunday, 21 July 2019

Piala Indonesia

Leg Pertama Final, Persija Berharap Bisa Menjamu PSM di SUGBK

Jumat, 12 Juli 2019 — 18:31 WIB
Persija saat melawan persib (toga)

Persija saat melawan persib (toga)

JAKARTA – Kesuksesan menjadi tuan rumah di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) saat menjamu Persib Bandung di ajang Shoppe Liga 1 2019 pada Rabu (10/7/2019) disambut positif CEO Persija Jakarta, Ferry Paulus. Ia berharap kesuksesan tersebut bisa berlanjut saat Persija menjamu PSM Makassar pada leg pertama final pada 21 Juli 2019.

Hingga saat ini, Persija belum mendapatkan izin untuk menjamu PSM di SUGBK. Namun Ferry berharap kesuksesan Macan Kemayoran menjamu Persib, beberapa waktu lalu, bisa kembali mendapat kepercayaan untuk menggelar pertandingan di venue yang sama.

“Maunya sih di GBK, lagi-lagi tinggal izin ya,” kata Ferry saat dihubungi para pewarta, Jumat (12/7/2019) kemarin. “Tapi kalau melihat kemarin (menjamu Persib red) aman, mungkin saja kita bisa kembali menggelar pertandingan di GBK.”

Seperti diketahui, saat laga Persija menjamu Persib, sebanyak puluhan ribu The Jak Mania, suporter fanatik Persija, membanjiri kawasan Gelora Bung Karno sepanjang pertandingan. Laga tersebut juga mendapat pengamanan ekstra ketat dari 12.800 personel gabungan.

Besarnya antusiame The Jak Mania memang mengakibatkan sejumlah kerusakan-kerusakan seperti di tribun penonton dan pagar pembatas yang roboh. Meski demikian, laga yang sarat masalah tersebut, bisa berjalan dengan lancar dan tidak menimbulkan masalah yang fatal.

“Kita tahu, sepanjang pertandingan bergengsi, seperti Persija dan persib, selalu sarat masalah yang kerap menimbulkan ekses atau efek. Tapi pada pertandingan kemarin semua berjalan kondusif, bagus, rapi. Sampai dengan hari ini, juga tidak ada berita jelek, secara keseluruhan aman,” ungkap Ferry. “Saya pikir dengan melihat pertandingan kemarin, kami optimis bisa kembali mendapat izin untuk menggelar pertandingan di SUGBK melawan PSM di Piala Indonesia. Tapi kita lihat saja nanti.

Meski demikian, laga Persija kontra Persib, beberapa waktu lalu memang tidak dihadiri oleh suporter Persib yang sejak awal memang dilarang datang demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Hal itu tentunya akan berbeda jika para suporter PSM datang ke SUGBK untuk mendukung tim kesayangan mereka saat menghadapi Persija pada leg pertama nanti. Sama seperti Persib, PSM juga merupakan salah satu tim yang memiliki basis dengan suporter yang jumlahnya menyebar di seluruh Indonesia.

Tidak heran jika hingga saat ini, pihak panitia pertandingan belum bisa menentukan venue yang akan digunakan pada leg pertama partai final Piala Indonesia antara Persija kontra PSM pada 21 Juli 2019. Selain SUGBK, sejauh ini ada dua stadion yang kerap digunakan Macan Kemayoran untuk menggelar pertandingan kandang, yakni Stadion Patriot di Kota Bekasi dan Stadion Wibawa Mukti di Cikarang, Kabupaten Bekasi. Setelah menjamu PSM, Persija bakal bertindak sebagai tim tamu pada leg kedua, sepekan berselang. (junius/yp)