Friday, 19 July 2019

Warga Korban Kebakaran Mulai Pindah ke Rusun Jatinegara Kaum

Jumat, 12 Juli 2019 — 21:19 WIB
warga korban kebakaran yang akan pindah ke rusun Jatinegara Kaum. (Ifand)

warga korban kebakaran yang akan pindah ke rusun Jatinegara Kaum. (Ifand)

JAKARTA – Sebanyak 20 kepala keluarga (KK) korban kebakaran di Jalan Cipinang Jaya I Kelurahan Cipinang Besar Selatan, mendapat hunian baru. Jumat (12/7/2019) mereka mulai di relokasi ke Rumah Susun (Rusun) Jatinegara Kaum, untuk memulai hidup baru.

Absir 69, salah satu warga yang mulai berbenah dengan mengangkut barang-barang yang tersisa. Ia memilih untuk pindah ke rusun setelah rumahnya di yang ada di RT 010/07 Cipinang Besar Selatan, rata dengan tanah. “Ya pindah ke rusun saja lah, dari pada nggak punya tempat tinggal,” katanya, Jumat (12/7/2019).

Dikatakan Absir, selain dirinya, ada 20 KK lain yang juga memilih untuk menempati rusun. Ia juga mengaku bersyukur karena pihak kecamatan menyiapkan petugas satpol PP berikut dengan kendaraannya untuk mengangkut barang. “Makanya pindah hari ini, karena posko pengungsian yang merupakan SDN 03/04 Cipinang Besar Selatan, mulai akan digunakan untuk sekolah,” ujarnya.

Absir menambahkan, puluhan KK yang dipindah itu sebelumnya sudah mengajukan diri agar dapat menghuni Rusun Jatinegara Kaum. Namun, ada beberapa KK lain yang memilih untuk mengontrak rumah yang ada di sekitar sini. “Kalau yang ngontrak kan pada punya uang, makanya tetap bertahan disini,” ungkapnya.

Namun, Absir mengaku masih bingung saat akan dipindahkan ke rusun Jatinegara Kaum. Pasalnya, masalah pembayaran uang untuk unit kamar yang dihuni belum pasti. “Ya mudah-mudahan gratis, atau paling tidak untuk 6 bulan awal digratiskan dulu,” harapnya.

Heni, 49, warga lain yang juga ikut pindah ke rusun mengaku, seluruh korban kebakaran ditempatkan di lantai 5 Rusun Jatinegara Kaum. Sementara untuk unit kamar yang mereka tempati, tak bisa memilih karena ditentukan lewat undian. “Sebenarnya enggak mau pindah, tapi karena rumah kebakaran ya mau bagaimana. Duit pegangan juga enggak ada,” tuturnya.

Sebelumnya, Lurah Cipinang Besar Selatan Farida mengatakan, hingga Senin (8/7) tercatat ada 20 KK yang mengajukan diri dipindah ke Rusun Jatinegara Kaum.

Dipindahkannya mereka ke rusun setelah sebelumnya pemerintah mengajukan hunian baru untuk mereka. “Namun yang akan dipindahkan itu harus melalui verifikasi dulu dari Sudin perumahan,” pungkasnya. (Ifand/win)