Monday, 26 August 2019

DMI Dilibatkan Dalam Penyembelihan Hewan Kurban

Selasa, 16 Juli 2019 — 21:23 WIB
Sudin KPKP Jakarta Utara, Rita Nirmala. (deny)

Sudin KPKP Jakarta Utara, Rita Nirmala. (deny)

JAKARTA  – Pihak Suku Dinas (Sudin) Pertanian, Kelautan dan Ketahanan Pangan (KPKP) Jakarta Utara, akan melibatkan Dewan Majelis Indonesia (DMI) untuk melakukan pembinaan kepada panitia pelaksana penyembelihan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha.

Pelibatan DMI ini, dikatakan Sudin KPKP Jakarta Utara, Rita Nirmala, merupakan tahun pertama dalam pelaksanaan sebagaimana juga arahan Gubernur DKI. “Nantinya lebih pada pembinaan terhadap tata cara pemotongan hewan, agar sesuai syariat Islam,” ujarnya, Selasa (16/7).

Diterangkannya, pembinaan mengenai pelaksanaan penyembelihan hewan kurban oleh DMI ini akan diikuti seluruh pengurus masjid di Jakarta Utara. ” Terlebih mereka yang akan melaksanakan penyembelihan hewan kurban pada saat Idul Adha nanti,” ungkapnya.

Selain itu, Rita menambahkan bahwa sebagaimana tahun sebelumnya, pihaknya juga akan melakukan ‘jemput bola’ untuk memeriksa kesehatan hewan-hewan kurban yang di jajakan di berbagai tempat di Jakarta Utara.

“Ini sudah mulai rapatkan, kan tujuannya agar hewan yang di kurbannya nanti sehat dan juga sesuai dengan syariat Islam,” jelasnya. Adapun pemeriksaan, meliputi fisik hewan yang akan di kurbankan dan kemudian bila ditemukan sakit akan ditandai. (deny/win)