Saturday, 24 August 2019

Persija Ditekuk Tira-Persikabo, Banuelos: Bukan Salah Satu Orang, Tapi Tim

Selasa, 16 Juli 2019 — 20:27 WIB
Pemain Persija Jakarta, Yogi Rahardian saat mengolah si kulit bundar dalam duel kontra Tira-Persikabo

Pemain Persija Jakarta, Yogi Rahardian saat mengolah si kulit bundar dalam duel kontra Tira-Persikabo

BOGOR – Persija ‘Macan Kemayoran’ Jakarta sepertinya sudah harus mulai memikirkan posisi Julio Banuelos di bangku kepelatihan. Hal itu menyusul kekalahan yang ditelan Ismed Sofyan dan kolega dari tuan rumah Tira-Persikabo dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa (16/7/2019).

Itu menjadi kekalahan perdana Persija di bawah asuhan Banuelos sejak dipercaya sebagai suksesor Ivan Kolev. Pelatih asal Spanyol itu bahkan berjanji akan bertanggung jawab atas kekalahan yang diterima anak-anak asuhnya dari Tira Persikabo. Ia tidak mau menyalahkan salah satu pemain atas kekalahan tersebut.

“Kekalahan yang terjadi sekarang bukan kesalahan seseorang karena kami bermain secara tim,” kata Julio Banuelos dalam keterangan tertulisnya, usai laga.

Kekalahan tersebut menjadi pukulan telak bagi Macan Kemayoran. Pasalnya, ini pertama kalinya tim asal Ibu Kota itu terpuruk di zona degradasi klasemen sementara Liga 1 2019. Dengan total enam poin dari tujuh laga, tim asuhan Banuelos bahkan hanya unggul tiga angka dari dasar klasemen, hunian Semen Padang.

“Kalau kalah ya salah tim, kami dari tim pelatih bertanggung jawab atas kekalahan ini,” ulas Banuelos.

Persija sejatinya unggul lebih dulu, lewat gol Marko Simic (7″). Namun Tira-Persikabo mampu mengembalikan kedudukan lewat dua gol Loris Arnaud (9″) dan Osas Saha (22″). Simic berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 lewat gol penalti pada menit ke-23. Sayang, gol Rifad Marasabessy mengakhiri babak pertama untuk keunggulan tuan rumah menjadi 3-2 yang tercipta pada menit ke-42. Selanjutnya, Tira Persikabo berhasil mencetak dua gol lagi lewat Ciro Alves (59″) dan Saha (64″).

Sedangkan Persija hanya bisa memperkecil kedudukan menjadi 3-5 lewat hat-trick Simic (72″). “Di awal pertandingan, kami kuasai permainan dan sempat unggul. Sayang setelah itu, kami kemasukan dan akhirnya kalah. Kita menyadari Ciro Alves adalah pemain yang sangat bagus di depan. Yang saya tahu dia itu berasal dari Brasil dan sedang ada di masa yang bagus bersama Tira Persikabo,” ulas Banuelos.

Dengan hasil itu, Tira-Persikabo tetap menjaga posisi di pucuk klasemen. Dengan total 19 poin dari sembilan laga, pasukan Tahmad Darmawan itu unggul tiga angka dari Bali United yang baru melakoni tujuh laga di posisi ledua. Pada laga lainnya di hari yang sama, Persipura Jayapura kalahkan tamunya Madura United 1-0. Sementara Arema FC lumat tamunya, Perseru Badak Lampung 4-1. Aedangkan Persib Bandung tekuk tamunya Kalteng Putra 2-0. (junius/yp)