Tuesday, 20 August 2019

Tira-Persikabo Vs Persija, Adu Gengsi di Pakansari

Selasa, 16 Juli 2019 — 6:33 WIB
Julio Banuelos ditemani Maman Abdurahman, memberikan keterangan kepada para awak media jelang menghadapi Tira-Persikabo

Julio Banuelos ditemani Maman Abdurahman, memberikan keterangan kepada para awak media jelang menghadapi Tira-Persikabo

JAKARTA – Ada gengsi tersendiri dalam duel antara tuan rumah Tira-Persikabo dan Persija Jakarta dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa (16/7/2019), 15:30 WIB. Status berbeda yang dimiliki oleh kedua tim jadi motivasi lebih bagi mereka untuk membidik kemenangan pada laga nanti.

Sebagai juara bertahan di Liga 1 tahun ini, Persija jelas punya ambisi untuk membuktikan betapa mereka masih memiliki kemampuan untuk mempertegas reputasi mereka dalam inkonsistensi performa di awal musim ini. Badai cedera pemain hingga padatnya jadwal kompeytisi, diakui Julio Banuelos sempat membuat tim asuhannya mengalami kesulitan untuk menunjukkan performa terbaik mereka awal musim ini. Namun pelatih asal Spanyol itu kini tidak memiliki alasan apa pun untuk membawa Persija bangkit.

Apalagi sejumlah pemain yang terbaring di ruang pemulihan, dikabarkan sudah berangsur-angsur membaik. “Persiapan kita sangat baik dimana beberapa pemain cedera sudah kembali ke tim. Persiapan sudah maksimal kami harap besok bisa tampil baik dan memenangkan pertandingan.

“Memang kami datang dari jadwal padat sebelum lawan Persib kita hanya punya jeda dua hari setiap pertandingan dan setelah itu kita punya lebih sehari,” kata Banuelos jelang menghadapi Tira-Persikabo dalam keterangan tertulisnya, Senin (15/7/2019).

Selain persiapan maksimal, Banuelos juga mengaku sudah menganalis kekuatan lawan. Menurutnya, Tira-Persikabo memiliki sejumlah pemain lokal, maupun asing yang sangat berkualitas.

Pun, ia tetap optimis bisa mencuri poin penuh di kandang Tira-Persikabo, meski bakal tanpa Novri Setiawan. Novri dipastikan absen pada laga nanti akibat akumulasi kartu merah yang diterimanya saat menghadapi Persib Bandung 1-1 di Senayan, beberapa waktu lalu. Sebagai penggantinya, Banuelos kemungkinan bakal memberi kesempatan kepada Yogi Rahadian.

Meski datang dengan kekuatan penuh, Persija tetap tidak boleh meremehkan Tira-Persikabo yang secara mengejutkan mampu bertengger di pucuk klasemen sementara. Dengan total 16 poin dari delapan laga, tim berjuluk Laskar Padjadajaran itu, unggul jauh dari Persija yang masih tercecer di papan bawah dengan enam angka dari enam laga.

Selain itu, kurangnya dukungan dari The Jak Mania, kemungkinan bakal dialami tim berjuluk Macan Kemayoran setelah suporter fanatik Persija itu memboikot pertandingan karena tiket khusus naik dua kali lipat dari sebelumnya.

Meski tanpa dan adanya suporter yang identik dengan warna oranye itu, Maman Abdurrahman tetap optimis timnya bisa mendulang kemenangan. Hal itu diungkapkan Maman merujuk pada rekor pertemuan antara kedua tim selama ini.

Tira-Persikabo tercatat belum pernah sekalipun mengalahkan Persija hingga sejauh ini. Pada laga terakhir di Pakansari, Persija mampu menahan Tira-Persikabo 2-2 pada leg pertama babak 16 besar Piala Indonesia. Di Liga 1, Macan Kemayoran bahkan pernah membantai Tira-Persikabo 5-0 di Bantul, 8 Juni 2018 lalu. (junius/yp)

Perkiraan susunan pemain

Tira (4-3-3): Angga Saputra (g); Andy Setyo, Khurshed Beknazarov, Rifad Marasabessy, Abduh Lestaluhu; Louise Essengue, Manahati Lestusen, Osas Saha; Wawan Febrianto, Ciro Alves, Loris Arnaud

Persija (4-4-2): Shahar Ginanjar (g); Ismed Sofyan, Maman Abdurrahman, Ryuji Utomo, Dany Saputra, Tony Sucipto, Bruno Matos, Rohit Chand, Riko Simanjuntak, Yogi Rahadian, Marko Simic