Tuesday, 20 August 2019

Bungkam Persebaya 2-1, PSM Kian Mantap Hadapi Persija

Rabu, 17 Juli 2019 — 20:57 WIB
Irfan Jaya saat mencetak gol (ist)

Irfan Jaya saat mencetak gol (ist)

JAKARTA – PSM Makassar sukses memaksimalkan dua laga kandang Shopee Liga 1 2019 dengan raihan sempurna. Gol Ferdinand Sinaga di babak kedua membuat  tim berjuluk Juku Eja itu melengkapi mengalahkan Persebaya Surabaya 2-1 di Stadion Andi Mattalatta, Kota Makassar, Rabu (17/7/2019) malam.

Hasil laga ini membuat dua kemenangan beruntung selaku tuan rumah. Dengan hasil ini pula semakin memantapkan langkah anak-anak asuh Darije Kalezic itu untuk menyambangi Persija Jakarta, mengingat kedua tim bakal bentrok pada leg pertama partai final Piala Indonesia.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Pos Kota, laga tersebut kemungkinan bakal berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarata, Minggu (21/7) mendatang. Apalagi Persija kini tengah menjadi tim pesakitan, menyusul kekalahan 3-5 dari tuan rumah Tira-Persikabo, Selasa (16/7) kemarin.

Kekalahan itu membuat Persija harus merasakan zona degradasi untuk pertama kalinya dalam klasemen sementara Liga 1 tahun ini. Sebaliknya, PSM terus merangsek dan menempati tangga keenam klasemen sementara.

Dengan 13 poin dari enam laga, Juku Eja hanya tertinggal enam angka dari Tira-Persikabo yang sudah melakoni sembilan laga di pucuk klasemen. Sukses tersebut tidak terlepas dari performa apik PSM dalam dua laga kandang. Usai mengalahkan Bhayangkara FC (BFC) 2-1, kali ini giliran Persebaya yang merasakan ketangguhan PSM di Stadion Andi Mattalatta.

Permainan terbuka dengan aksi jual beli serangan sudah diperagakan oleh kedua tim sejak awal laga. Namun tuan rumah mampu membuka keunggulan lebih dulu lewat aksi Guy Junior pada menit ke-18.

Sebuah umpan matang Wiljan Pluim, berhasil dimaksimalkan Guy dengan tandukan yang merobek jala tim tamu, seraya mengubah papan skor menjadi 1-0. Butuh waktu lama bagi Persebaya untuk bisa menyamakan kedudukan, lewat gol Irfan Jaya (41″). Ia sukses memanfaatkan umpan Manuchekhr Dzalilov menjadi gol, sekaligus menutup babak pertama dengan skor 1-1.

Di babak kedua, Juku Eja yang berambisi tidak kehilangan angka di depan publik sendiri, kembali unggul pada menit ke-69. Adalah Ferdinand Sinaga yang kembali bisa membawa PSM mengungguli Persebaya 2-1 setelah sukses memaksimalkan umpan Muhammad Rahmat. Kembali tertinggal, Bajul Ijo terus menekan.

Sayang, berbagai usaha yang dilakukan pasukan Djadjang Nurdjaman itu tidak juga membuahkan hasil hingga laga bubaran. Persebaya pun harus pulang dengan tangan hampa untuk kedua kali secara beruntun di laga tandang.

Bajul Ijo yang sebelumnya dipaksa menyerah 1-2 dari tuan rumah PSS Sleman, masih tercecer di papan tengah dengan koleksi 12 poin dari sembilan laga. Pasukan Djajang Nurjaman itu kalah produktivitas gol dari PSS Sleman dari delapan laga, usai menyerah 1-3 dari tamunya PSIS Semarang pada hari yang sama.

Kalah dalam dua laga tandang secara beruntun, semakin menandakan adanya duel dua tim pesakitan saat Persebaya melawat Semen Padang pada laga selanjutnya, akhir pekan mendatang. Pasalnya, Semen Padang juga menelan kekalahan setelah menyerah 2-3 dari BFC pada hari yang sama. (junius/win)