Wednesday, 21 August 2019

Gubuk-Gubuk Liar di Bantaran KBB Dibongkar

Rabu, 17 Juli 2019 — 17:21 WIB
Petugas Satpol PP tengah membongkar gubuk liar di kawasan KBB Tanah Abang. (tarta)

Petugas Satpol PP tengah membongkar gubuk liar di kawasan KBB Tanah Abang. (tarta)

JAKARTA – Gubuk-gubuk liar di sepanjang bantaran Kanal  Banjir Barat (KBB) Tanah Abang, Jakarta Pusat (Jakpus) dibongkar petugas gabungan, Rabu (17/7).

Keberadaannya dikeluhkan masyarakat karena selama ini dimanfaatkan para pemulung untuk tinggal dan menempatkan barang-barang.

Pembongkaran menerjunkan sekitar 100 petugas gabungan dari Satpol PP, Dishub, Sudin Sosial, PPSU, TNI dan Polri dipimpin Camat Tanah Abang, Yasin Pasaribu dan Kasatpol PP Jakpus, Bernard Tambunan.

Mereka menyisir bantaran KBB di wilayah Kelurahan Kebon Melati, Kebon Kacang, Kampung Bali dan Petamburan.

Sebagian besar gubuk sudah ditinggal penghuninya, bahkan sebagian sudah ada yang dibongkar sendiri oleh pemiliknya.

Petugas langsung membongkar gubuk-gubuk liar yang sudah kosong dan mengangkuti puing-puingnya. “Ada sekitar 41 gubuk liar yang kami bongkar yang telah ditinggal penghuninya,” jelas Camat Tanah Abang, Yasin Pasaribu.

Dikatakan, sebelumnya pihaknya telah memberikan sosialisasi kepada penghuni gubuk liar agar mereka membongkar sendiri dan tidak tinggal di lokasi. Karena keberadaannya sangat mengganggu dan membuat kawasan jadi kumuh. “Jadi kami menindak lanjuti laporan dari masyarakat yang keberatan,” ucap Pasaribu.

Sementara itu, Kasatpol PP Kecamatan Tanah Abang, Aries Cahyadi menambahkan petugas juga mengamankan delapan penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) yang tinggal di kawasan tersebut. “Mereka langsung dibawa petugas dari Sudin Sosial,” ucapnya. (tarta/tri)