Monday, 19 August 2019

Ke Thailand, Voli DKI Bidik Juara Pra Kualifikasi PON 2020

Rabu, 17 Juli 2019 — 8:17 WIB
Skuat tim voli DKI Jaya yang dilepas ke Thailand. (ist)

Skuat tim voli DKI Jaya yang dilepas ke Thailand. (ist)

JAKARTA – Setelah melakukan pemusatan latihan daerah (pelatda) selama hampir tiga bulan, soliditas para pemain Tim bola voli DKI Jaya bakal menjalani ujicoba menjelang Pra Kualifikasi PON 2020 Papua di GOR Bulungan, Jakarta Selatan, 3-10 Agustus 2019. Ujicoba itu akan dilakoni tim ibukota ini di Thailand selama enam hari pada 17-23 Juli 2019.

Wakil ketua umum Pengprov PBVSI DKI Jakarta, Zulfarshah, menjelaskan bahwa sebagai tuan rumah pada Pra-PON mendatang pihaknya akan menyiapkan seluruh aspek, termasuk pembentukan tim pelatda dengan ‘cita rasa’ Timnas. Thailand pun dipilih sebagai polesan terakhir tim bola voli DKI Jaya. Hal itu doungkapkan saat Zulfarshah Tim voli DKI Jaya ke Thailand di GOR Cendrawasih, Cengkareng, Jakarta Barat, Selasa (16/7/2019) malam WIB.

“Sebenarnya tim ini tidak langsung try out ke Thailand karena kita sudah melakukan sejumlah uji tanding di beberapa daerah sebumnya dan menjalani latihan selama beberapa bulan di GOR Cendrawasih. Sekarang saatnya kita ke Thailand karena mereka masih menjadi barometer voli di kawasan Asia Tenggara. Di sana kita akan menghadapi beberapa tim, termasuk Timnas U-23 mereka. Saya berharap, tim ini bisa menjaga kekompakkan,” ungkap pria yang akrab disapa Bang Zul tersebut.

Ia menambahkan bahwa sebelumnya, tim putra sudah melalukan try out ke Bandung dengan hasil yang cukup memuaskan. Sementara untuk tim putri, sempat menjalani try out ke Yogyakarta dan Jawa Tengah dengan meraih kemenangan.

Bang Zul juga berharap hasil di Thailand nanti, dapat dijadikan modal untuk bisa memenuhi target juara pada Pra Kualifikasi zona Jawa, Kalimantan, Bali, NTB, NTT, Maluku, Maluku Utara, dan Papua Barat di GOR Bulungan mendatang.

Di zona ini, akan ada empat tim putra dan empat tim putri yang akan diperebutkan untuk lolos ke Papua. “Sampai sekarang kita belum tahu tim-tim yang akan ikut dalam event ini. Kita masih menunggu pendaftaran yang disampaikan ke PP. PBVSI. Batas waktu peserta akan ditutup pada 23 Juli mendatang. Yang pasti kita ingin memgambil kesempatan ini (menjadi tuan rumah red)dengan menjadi juara,” tegas Zulfarshah yang juga Ketua Panitia Pra Kualifikasi PON 2020.

Tim putra bakal ditukangi oleh Victor Laiyan putra. Dua pemain putra masing-masing Dio Zulkifli dan Oky Damar yang masuk dalam jajaran tim nasional yang disiapkan menuju SEA Games Filipina diijinkan mengikuti uji coba di Thailand hingga Pra Kualifikasi PON 2020 mendatang. Demikian pula dua pemain putri yakni Arsela Nuari Purnama dan Dita Aziizah yang dipercaya masuk dalam skuad asuhan M. Ansori. (junius/yp)

Daftar pemain

Tim putri: Arsela Nuari Purnama, Susilawati, Desti Larasati
Tasya Nur Rochmani, Tanisa Nurmazakia, Lutfiyatul Insyiah, Tiara Putri Bayunimas, Adinda Wibowo, Dita Aziizah, Millenia Gumilar, Tasya Aprilia Putri, Difa Ameyda, Reghina Fitrian Utami, Adelia Almaida Zulfa, Cindy Tiara Berliyan. Pelatih: M.Ansori, Eko Waluyo, Dadang Sudrajat, Setiawan Adi Praja.

Tim putra: Abiem Gunawan, Dio Zulfikri, David Pratama Putra, Risky Ramadhan, Abdurrachman Sidiq, Affin Drinata, Yudha Pradangga Wisnumoerti, I Gede Wira Yudha, Alif rajab Burrahman, Oky Damar, David Pratama, Boni Eswanto, Ryan Nugraha, Johan Frederick Sanger, Noviar Haris Saputra, M.Dafa, Toufik. Pelatih: Victor Laiyan, Indra Wahyudi, Delfi Amri, Robby Sudrajat.