Sunday, 15 September 2019

Pernah Dibanggakan Anies, Bambu Setengah Miliar di Bundaran HI Kini Dibongkar

Kamis, 18 Juli 2019 — 12:00 WIB
Petugas Dinas Kehutanan DKI Jakarta membongkar karya seni bambu  ‘Getah Getih’ di Bundaran  (HI), Jakarta Pusat, Kamis (18/07/2019) dini hari. (toga)

Petugas Dinas Kehutanan DKI Jakarta membongkar karya seni bambu ‘Getah Getih’ di Bundaran (HI), Jakarta Pusat, Kamis (18/07/2019) dini hari. (toga)

JAKARTA – Instalasi anyaman bambu ‘Getah Getih’ yang dipasang dan diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, pada pertengahan 2018, di kawasan Budaran Hotel Indonesia (HI) telah dibongkar, Rabu (17/7/2019) malam.

Seni bambu karya seniman Joko Avianto ini dipamerkan oleh Anies untuk menyambut pagelaran Asian Games 2018 usai mencopot Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di kawasan Bundaran HI. Karya seni bambu tersebut dibuat dengan nilai anggaran mencapai Rp550 juta.

Berdasarkan video yang diunggah oleh akun Instagram @jktinfo nampak puluhan petugas Dinas Kehutanan Pemprov DKI Jakarta yang melakukan perobohan dengan cara ditarik menggunakan tali.

“Petugas Dinas Kehutanan DKI Jakarta melalukan pembongkaran instalasi bambu getah-getih di Bundaran HI,” tulis akun @jktinfo yang menyertakan dua video proses pembongkaran, Kamis (18/7/2019).

(BacaInstalasi Bambu Rp550 Juta Kebanggaan Anies Dirobohkan Petugas)

Akun tersebut juga memposting foto-foto pasca karya seni Getah-Getih tersebut dilakukan pembongkaran. Dan telah dibersihkan dengan kembali ditanami beberapa tanaman hias.

Penampakan kawasan HI usai instalasi Getah-Getih dibongkar. (yendhi)

Penampakan kawasan Bundaran HI usai instalasi ‘Getah Getih’ dibongkar. (yendhi)

Pemasangan Bambu Getah Getih sempat menuai berbagai respon masyarakat pasca-diresmikan oleh Anies. Ada yang mengkritik namun tidak sedikit yang mendukung langkah orang nomor satu di lingkungan Pemprov Jakarta tersebut.

(BacaAnies Kenalkan Karya Seni Getah Getih di Bundaran HI)

Sewaktu pemasangan instalasi Getah-Getih milik seniman Joko tersebut Anies mengatakan untuk mempercantik kawasan Bundaran HI yang akan menyambut penyelenggaraan Asian Games. Karya seni tersebut ditaksir mampu bertahan antara 6 hingga 12 bulan dengan anggaran ratusan juta.

Menurut Anies, semakin lama bambu tersebut akan lebih menarik dan serat bambu alami akan muncul membuat karya Joko semakin indah. “Ya keunggulan bambu adalah biodegradable, sehingga otomatis didaur ulang alam,” kata Anies. (yendhi/ys)