Friday, 23 August 2019

Situ Rawagede Jadi Pusat Pelatihan Hidroponik

Kamis, 18 Juli 2019 — 16:14 WIB
Ibu-ibu mengikuti pelatihan tanaman hidroponik di kawasan Situ Rawagede Rawalumbu. (chotim)

Ibu-ibu mengikuti pelatihan tanaman hidroponik di kawasan Situ Rawagede Rawalumbu. (chotim)

BEKASI –  Kawasan Situ Rawagede, Bojongmenteng, Rawalumbu, jadi pusat pelatihan tanaman hidroponik. Banyak elemen masyarakat dan aparat penerintah melakukan pelatihan.

“Kita memang sediakan media dan area untuk pelatihan. Pak Wakil Walikota memberi dukungan agar masyarakat bisa lebih tahu akan hidroponik,” kata Anuh, pengurus komunitas peduli lingkungan Amphibi di Situ Rawagede, Kamis (17/7/2019).

Kegiatan dilakukan di kawasan situ juga dilakulan dengan mengembangkan tanaman dengan teknik hidroponik yang sehat dan ramah lingkungan. Berbagai macam sayuran seperti pakcoi, kangkung dan cabai berhasil ditanam.

Keberhasilan ini berkat dorongan dan upaya dari anggota komunitas. Mereka bahu membahu mempersiapkan area dan juga mendatangkan pelatih termasuk dinas terkait untuk memberikan pelatihan.

“Ini menjadi sosialisasi yang baik sehingga masyarakat bisa lebih mengenal dan nanti mempraktikkan di rumahnya,” katanya.

Disebutkan, sebenarnya semua jenis tanaman dan tumbuhan bisa ditanam dengan teknik hidroponik, tergantung wadah saja. Hidroponik itu media utamanya air dan nutrisi khusus tanaman sama wadah.

Wakil Walikota Tri Adhianto, mengatakan agar cara tanam hidroponik bisa kian dimasyarakatkan. Apalagi di tengah keterbatasan lahan untuk memanam.

“Jadi bisa dimanfaatkan di tengah lahan sempit,” katanya. (chotim/tri)