Tuesday, 20 August 2019

Gempa 5,3 SR Guncang Yunani, Banyak Bangunan Rusak Parah

Sabtu, 20 Juli 2019 — 12:23 WIB
Bangunan runtuh ketika Yunani diguncang gempa. Tidak ada korban jiwa. (reuters)

Bangunan runtuh ketika Yunani diguncang gempa. Tidak ada korban jiwa. (reuters)

YUNANI – Gempa 5,3 SR mengguncang Yunani pada Jumat (19/7/2019) sore waktu setempat. Belum ada laporan korban tewas, namun disebutkan sejumlah orang terluka dan banyak bangunan yang mengalami kerusakan parah.

Menurut situs web Pusat Pemantauan Gempa Bumi Eropa, gempa tersebut memang kuat, namun tidak berlangsung lama.

Gempa bumi kedua, yang diukur pada kekuatan 4,4 oleh Pusat Seismologi Eropa-Mediterania, (EMSC) dirasakan di daerah yang sama sekitar 40 menit kemudian.

Secara keseluruhan, lembaga tersebut mencatat tujuh gempa susulan terjadi setelah gempat pertama.

Gerasimos Papadopoulos, seismolog senior di Geodynamics Institute, mengatakan bahwa gempa terasa di seluruh Yunani selatan. “Kedalamannya sangat dangkal dan karena itu rasanya sangat kuat,” katanya.

Seorang pejabat pemadam kebakaran mengatakan tidak ada laporan segera mengenai kerusakan atau korban cedera. Tetapi, ada panggilan dari orang-orang yang terjebak dalam lift.

Menurut situs berita Ethos Ethinc, penumpang di Bandara Internasional Athens merasakan gempa itu dan setidaknya satu bangunan telah runtuh.

Tercatat, gempa terbesar yang menggoyang Yunani terjadi pada tahun 1999. Sebuah gempa berkekuatan 6,0 SR  berpusat di daerah yang sama, menyebabkan 143 orang tewas dan lebih dari 100 bangunan runtuh. (mb)