Tuesday, 20 August 2019

Menag Turunkan Tim Terkait Pengibaran Bendera Tauhid di MAN di Sukabumi

Minggu, 21 Juli 2019 — 20:58 WIB
MAN 1 Sukabumi.

MAN 1 Sukabumi.

JAKARTA – Menteri Agama (Menag) Lukman Saifuddin turun tangan terkait pengibaran bendera tauhid di Mandrasah Aliyah Negeri di Sukabumi. Sebelumnya foto sejumlah siswa menaikkan mengibarkan bendera tauhid viral di media sosial.

Dalam gambar yang beredar, tampak bendra tauhid hitam beredar. Ada pula murid yang membawa Merah Putih serta bendera bertuliskan MAN1 Sukabumi.

Ternyata Kementerian Agama (Kemenang) menutunkan tim untuk mencari tahu kegiatan dalam gambar yang tersebar itu. “Sejak semalam sudah ada tim khusus dari Pusat yg ke lokasi untuk investigasi. Saat ini proses penanganan di lapangan masih sedang berlangsung,” kata Menag dalam akun pribadinya di Twitter, @lukmansaifuddin, Minggu (21/7/2019).

Secara terpisah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan MAN 1 Sukabumi, Ade Saepudin, mengakui kegitan itu dilakukan muridnya. Ia mengakui pengibaran bendera tauhid itu luput dari perhatian pihak sekolah. Alasannya, saat bersamaan para guru mengikut workshop.

“Dalam foto itu benar siswa yang mengibarkan bendera bertuliskan tauhid anak didik kami. Gambar itu diambil pada Jumat pagi sebelum kegiatan sekolah,” katanya di MAN 1, Minggu (21/7/2019).

Menurutnya, kegiatan dalam foto itu adalag promosi ekstrakurikuler yang selalu dilakukan dalam setiap tahun pelajaran baru. Hasil penelusuran sekolah, bendera itu dibawa salah satu murid dari rumahmya.

“Dia tidak tahu dan menganggap itu ada kalimat tauhid, sehingga dibawa ke sekolah untuk menarik siswa baru ikut ke kegiatan rohis,” paparnya.

Menurutnya, siswa bersangkutan sudah dimintai keterangan kepolisian dan Direktur KSKK Madrasah Kemenag RI.

“Siswa bersangkutan sudah menjelaskan dia tidak tahu dengan yang dimaksud dengan paham radikal. Dia hanya mengira itu hanyalah kalimat tauhid dan dia bawa sendiri dari rumah,” katanya. (sule/yp)