Tuesday, 20 August 2019

PPSU Dilatih Jadi Pawang Api

Minggu, 21 Juli 2019 — 5:49 WIB
Petugas  PPSU sedang mendapat. Pelatihan memadamkan api.  (wandi)

Petugas PPSU sedang mendapat. Pelatihan memadamkan api. (wandi)

JAKARTA  – Kini, petugas PPSU (Penanganan Prasarana dan Sarana Umum) dilatih jadi pawang api. Pembekalan ilmu untuk menanggulangi kebakaran itu diberikan oleh Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Selatan Sektor IX Pasar Minggu.

Hal ini dilakukan tujuannya untuk mengantisipasi kebakaran sebelum membesar.  Jumlah yang ikut dilatih jadi pawang api sebanyak 30 orang petugas PPSU dari Kelurahan Pejaten Timur, Pasar Minggu.

Kepala Peleton Group A Sektor IX Kecamatan Pasar Minggu Ary Santoso mengatakan, pembekalan tersebut berlangsung di dalam kegiatan sosialisasi dan praktek penanggulangan kebakaran untuk kategori karyawan. Kegiatan  diadakan di halaman Kantor Kelurahan Pejaten Timur jalan Swadaya 1, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

“Kegiatan diinisiasi oleh Sudin penanggulangan kebakaran dan penyelamatan, Jakarta Selatan. Dalam kegiatan ini materinya difokuskan penanganan kebocoran kompor gas,” ujar Ary Santoso.

Menurutnya, materi yang diberikan berupa pemadaman tradisional menggunakan karung goni basah dan pengenalan alat-alat pemadam api ringan (APAR) modern. Selain itu peserta juga diberikan materi-materi penyebab terjadinya kebocoran kompor gas, mulai dari selang, regulator dan cara pemasangan tabung gas yang benar.

Sementara itu Arbi, 35, salah seorang peserta mengaku senang mendapat pelatihan ini.  Menurutnya,  memang sebelumnya dia susah mengetahui tata cara memadamkan api meski begitu belum mempraktekkannya.

“Kalau sekarang bilang langsung praktik,  dulu-dulu hanya lihat di video saja.  Ternyata tidak sesusah apa yang kita bayangkan, “kata Arbi.  (wandi)