Saturday, 24 August 2019

Dahsyatnya Lidah Mertua di Ibu Kota

Selasa, 23 Juli 2019 — 10:51 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan. (yendhi)

Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan. (yendhi)

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, akan menggalakkan penanaman Lidah Mertua di Ibu Kota sebagai salah satu upaya mengurangi polusi udara. Namun, terobosan ini bukan satu-satunya solusi yang dimiliki Anies.

“Apakah ini satu-satunya tentu tidak. Jadi itu bagian dari usaha kita. Semua yang bisa kita kerjakan Insya Allah kita kerjakan,” kata Anies usai rapat paripurna DPRD DKI Jakarta, Senin (22/7/2019) kemarin.

Menurut Anies, Dinas Kehutanan DKI Jakarta mendapat banyak rekomendasi terkait beberapa tanaman yang mampu membantu mengurangi polusi udara di Jakarta salah satunya Lidah Mertua.

Mendukung program itu, Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP), Suharini Eliawati, mengatakan pihaknya akan membagikan tanaman secara gratis kepada warga dengan hanya menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

“Kalau pembagian gratisnya kan setiap saat, ditukar pakai KTP, dua tanaman. Itu untuk koleksi yang sekarang kita punya,” kata Suharini saat dikonfirmasi, Selasa (23/7/2019).

Dijelaskan Suharini, pihaknya tengah melakukan lelang pengadaan beberapa tanaman. Sehingga pada Agustus 2019 program bisa di laksanakan. Tidak hanya Lidah Mertua, beberapa tanaman juga akan dibagikan gratis kepada warga.

“Iya. Jadi salah satunya lidah mertua, tanaman-tanaman toga, alpukat, belimbing, pucuk merah juga ada. Jadi ini memang program kami. Tapi kita mulainya nanti bulan Agustus,” papar dia.

Selayaknya tumbuhan lain, Lidah Mertua dapat menghasilkan oksigen atau O2 dan menyerap karbondioksida. Namun, Lidah Mertua dipercaya memiliki keunggulan lebih cepat menghasilkan oksigen dan menyerap karbondioksida.

“Iya, cuma yang sudah ada penelitiannya, lidah mertua itu lebih efektif. Tapi masih bisa diyakini semua tanaman itu menghasilkan O2 dan menyerap CO2,” tandas Suharini. (yendhi/mb)