Saturday, 17 August 2019

Rencana Razia Bus Bodong di Pondok Pinang Belum Juga Terlaksana

Selasa, 13 Agustus 2019 — 18:57 WIB
Petugas sedang melakukan razia kendaraan yang tidak memiliki ijin. (wandi)

Petugas sedang melakukan razia kendaraan yang tidak memiliki ijin. (wandi)

JAKARTA – Rencana Suku Dinas Perhubungan yang akan merazia bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Jakarta Selatan, yang tanpa izin trayek (bodong)  hingga kini belum juga terlaksana. Sebab  pimpinan Suku Dinas Perhubungan belum mengeluarkan intruksi resmi penertiban tersebut.

“Sampai sekarang belum ada instruksi (razia) dari pimpinan. Kalau sudah ada kami akan segera tindak lanjuti,” kata Ujang Dadan, Komandan Regu Sudin Perhubungan Jaksel saat menggelar razia di kawasan Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Selasa (13/8/2019).

Diungkapkannya, saat ini razia yang digelar pihaknya hanya menyasar kendaraan angkutan barang dan angkutan kota yang melanggar aturan. Namun, bus AKAP yang tidak dilengkapi dokumen juga tidak luput dari jangkauan petugas.

“Kalau razia khusus bus AKAP sih tidak ada. Tapi selama ini kita hanya melakukan razia terhadap kendaraan ataupun angkutan yang tidak dilengkapi dokumen,” imbuhnya.

Sementara itu, sebelumnya, Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan Christianto mengungkapkan akan menggelar razia besar-besaran terhadap bus AKAP yang beroperasi di wilayah Jakarta Selatan. Bukan hanya di terminal, bus AKAP yang melintas dan beroperasi tanpa izin trayek akan menjadi target razia.

“Bus AKAP yang melintas dan menjual tiket di terminal bayangan dan terminal lintas Pasar Jumat ikut kita razia. Bus yang tidak dilengkapi dokumen dan tanpa izin trayek alias bus bodong langsung kita kandangkan,” kata Christianto.

Menurutnya, penertiban terhadap bus dan terminal bayangan sudah dirapatkan di tingkat kota. Pihaknya juga sudah mengundang Satpol PP dan PTSP untuk mematangkan rencana penertiban dalam waktu dekat ini.

“Nanti PTSP yang mengecek perizinan terminal bayangan. Kalau tidak ada akan berkirim surat  ke Satpol PP sebaga pemberitahuan agar ditindak. Termasuk yang di terminal lintas Pasar Jumat kita razia ,” tegasnya. (wandi/win)