Saturday, 24 August 2019

Piala AFF U-18 2019

Jadi Juara Grup ke Semifinal, Fakhri Fokus ke Fisik Pemain

Rabu, 14 Agustus 2019 — 21:18 WIB
Timnas Indonesia U-18

Timnas Indonesia U-18

VIETNAM – Timnas Indonesia memastikan diri melaju ke babak semifinal Piala AFF U-18 2019 sebagai juara Grup A usai bermain 1-1 dengan Myanmar pada laga pamungkas fase penyisihan di Stadion Thong Nhat, Ho Chi Minh City, Rabu (14/8/2019). Meski demikian, pelatih Fakhri Husaini mengaku belum puas, terutama dengan perfoma para pemain pelapis yang diberi kesempatan bermain pada laga ini.

Dengan melihat calon lawan Indonesia di babak semfinal, sulit bagi Fakhri untuk mengandalkan para pemain pelapis. “Jujur saya kurang puas dengan permainan anak-anak, apalagi pemain yg saya berikan kesempatan bermain oleh saya. Harusnya mereka yg baru bermain dua atau tiga kali memiliki kebugaran yg lebih dari mereka yg sudah main tiga atau empat kali lebih. Peluang banyak terbuang, saya berharap pemain yg belum bermain, ternyata tidak sesuai dengan harapan saya. Fisik mereka masih kurang,” kata Fakhri, usai pertandingan.

Oleh alasan itu, Fakhri pun akan memanfaatkan waktu dua hari untuk memulihkan kondisi para pemain utama, seraya mencari pengganti Mochammad Supriadi yang dibekap cedera jelang babak semifinal.

“Saya masih punya 22 pemain utk melapisi (Mochammad) Supriadi yang sedang cedera. Tim ini tidak tergantung pada satu pemain. Mereka saling tergantung satu dengan lain. Kekompakan lah yg ada di tim ini. Saya akan gunakan kesempatan untuk pemulihan kondisi fisik saat libur dua hari. Yang menjadi catatan karena faktor fisik, karena jadwal Piala AFF ini terlalu padat,” ungkapnya.

Kondisi fisik yang kedodoran, membuat Indonesia harus tertinggal lebih dulu saat menghadapi Myanmar. Gol Hein Htet Aung membawa Myanmar unggul lebih dulu pada menit ke-50. Beruntung, Indonesia berhasil terhindar dari kekalahan, berkat gol Rizky Ridho, 18 menit berselang.

“Pertandingan yang tidak mudah, mereka bermain disiplin dan kompak dalam bertahan. Meskipun saya bermain di sisi lapangan atau menjadi striker murni, penjagaan mereka bagus. Mereka seperti menempel ketat kami,” ulas Bagus Kahfi, mengenai jalannya laga.

Dengan hasil ini, Indonesia kemungkinan bakal bertemu antara Australia, Malaysia, atau Vietnam di babak semifinal. Ketiga tim tersebut saat ini menempati urutan tiga teratas di Grup B. Sedangkan Myanmar turut mendampingi Indonesia sebagai runner-up Grup A.

Tim asuhan Myo Hlaing Win itu kalah produktivitas gol dari Indonesia. Pada laga pamungkas fase Grup B, Kamis (15/8/2019) ini, Malaysia yang kini memimpin Grup B dengan sembilan poin, akan bentrok dengan juru kunci dua angka, Thailand.

Sementara Australia yang berada di urutan kedua dengan semibilan poin, akan meladeni peringkat keempat dengan empat angka, Singapura. Sedangkan Vietnam di urutan ketiga dengan tujuh poin, akan bentrok dengan peringkat kelima dengan tiga angka, Kamboja. Jika Malaysia dan Australia sama-sama meraih kemenangan, maka apa pun hasil yang diraih tuan rumah Vietnam kontra Kamboja, tidak akan mengubah posisi mereka untuk lolos ke babak semifinal. (jun/yp)