Saturday, 24 August 2019

Merah Putih 100 Meter akan Dikirab dari Pendopo Bupati ke Balaikota Bogor

Rabu, 14 Agustus 2019 — 20:32 WIB
bendera2

BOGOR  – Kirab budaya Merah-Putih ikut  memeriahkan rangkaian HUT ke-74 RI  di Bogor. Bendera Merah Putih sepanjang 100 meter dengan lebar 5 meter akan dikirab dari Pendopo Bupati Bogor menuju lampu Cibinong City Mall (CCM).

Prosesi  kirab antara lain sebagai berikut. Setibanya sang saka Merah-Putih di CCM lalu disambut Bupati Bogor, Ade Yasin. Bendera yang dikirab seribu peserta yang berasal dari tokoh lintas agama, masyarakat, ormas, pemuda dan ASN Kabupaten Bogor serta sejumlah atlet ini, kemudian dilipat untuk diserahkan ke Bupati Bogor.

Bupati Ade Yasin lalu menyerahkan bendera yang sudah dilipat ke pasukan Kota Bogor. Bendera yang dibawa secara estafet ini, lalu kembali dibentangkan saat tiba di Bogor Trade Mall (BTM) Kota Bogor.

Kardenal, Plt Diskominfo Kabupaten Bogor mengatakan, sejumlah atlet berprestasi Kabupaten Bogor ikut ambil bagian dalam kirab budaya Merah-Putih ini.

“Kirab budaya Merah-Putih akan berlangsung Kamis (15/8/2019) pukul 08.00 WIB pagi. Bendera Merah-Putih akan tiba di Kota Bogor sekitar pukul 10.30 WIB,” kata Kardenal.

Awaludin Sarmidi, Ketua Panitia Kirab Merah Putih mengatakan, kirab budaya Merah Putih ini akan menyatukan kebhinekaan menuju Indonesia Emas.

“Kirab budaya Perah-Putih tahun ini melibatkan 20 komunitas. Hal ini dilakukan agar sekat-sekat pada Pilpres dan Pileg lalu dapat kembali menyatu dan solid,” kata Awaludin kepada wartawan di Balaikota Rabu sore.

Menurutnya, festifal Perah Putih yang ke-4 tahun ini akan membangkitkan semangat warga bangsa untuk cinta Tanah Air. “Ada 18 kegiatan sepanjang bulan Agustus ini akan mewarnai rangkaian HUT RI. Ada lomba melukis, lomba cerdas cermat antar ASN dan lain-lain,” ujarnya.

Bendera yang tiba di Kota Bogor, lalu mampir ke Balaikota untuk selanjutnya di kirab lagi menuju Kodim dan finis di Pusdikzi di Jalan Jenderal Sudirman.

Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto yakin, kirab Merah-Putih ini akan sukses seperti tahun-tahun sebelumnya. Untuk tahun ini, panitia melibatkan dua tokoh agama yakni dari Islam dan Kristen yang menjadi Wakil Ketua 1 dan 2. (yopi/win)