Saturday, 17 August 2019

Boys Elite Football Tournament 2019

Petang Hari Ini, Indonesia Siap Ladeni Myanmar

Rabu, 14 Agustus 2019 — 7:47 WIB
Pelatih Bima Sakti memberikan instruksi kepada para pemain Timnas Indonesia pada sesi latihan (ist/PSSI)

Pelatih Bima Sakti memberikan instruksi kepada para pemain Timnas Indonesia pada sesi latihan (ist/PSSI)

JAKARTA – Setelah menempati peringkat ketiga di Piala AFF U-15 2019, Timnas Indonesia besutan Bima Sakti bakal kembali melakoni laga ujicoba bertajuk ‘Boys Elite Football Tournament 2019’ di Myanmar 14-18 Agustus mendatang. Pasukan Bima akan langsung mendapat ujian untuk menjajal kekuatan tuan rumah Myanmar di Stadion Mandala Thiri, Mandalay, Rabu (14/8/2019), 18:00 WIB.

Myanmar pernah dihadapi Indonesia pada Piala AFF U-15 2019 yang berakhir beberapa hari yang lalu. Bertemu di fase penyisihan Grup A, tim berjuluk Garuda Asia itu sukses mengalahkan sang lawan dengan skor telak, lima gol tanpa balas. Penentu kemenangan Timnas Indonesia itu dicetak lewat sepasang gol Faizal Shaifullah, Marselino Ferdinan, Ruy Arianto, dan Muhammad Valeron. Kali ini, pasukan Bima datang ke Myanmar untuk melakoni laga perdana ‘Boys Elite Football Tournament 2019’ dengan kekuatan yang tidak jauh berbeda.

Bima pun berharap ajang ini bisa memberikan hasil positif bagi anak-anak asuhnya jelang tampil pada babak kualifikasi Piala Asia U-16 2020 yang mulai digelar pada 14 September mendatang di Indonesia. Apalagi selain tuan rumah Myanmar, Indonesia bakal menguji kekuatan melawan Timnas Montenegro dan Korea Selatan di ajang ini.

“Ini ajang yang bagus untuk para pemain. Selain untuk mengukur kemampuan, kita juga bisa memperkaya jam terbang internasional,” kata Bima dalam keterangan tertulis yang diterima Pos Kota, Selasa (13/8/2019).

Setelah menghadapi Myanmar, pasukan Bima bakal menjajal kekuatan Montenergo pada Jumat (16/8/2019), 15:00 WIB dan Korea Selatan, Sabtu (18/8/2019), 15:00 WIB. Seluruh pertandingan akan digelar di Stadion Mandala Thiri, Mandalay.

“Ada Myanmar, Montenegro dan Korea Selatan. Mereka memiliki karakteristik masing-masing. Montenegro representasi permainan Eropa, Korea Selatan dari Asia Timur, sedangkan Myanmar untuk mengukur konsistensi kita,” ungkap Bima mengenai kekuatan calon lawan di ajang ‘Boys Elite Football Tournament 2019’.

Pada babak kualifikasi Piala Asia U-16 2019 mendatang, Indonesia dengan status tuan rumah, tergabung di Grup G bersama Tiongkok, Brunei Darussalam, Filipina, dan Kepulauan Mariana Utara. Ia pun berharap tim asuhannya memiliki modal serta pengalaman yang cukup, sebelum turun di babak Kualifikasi Piala Asia mendatang.

“Kita harus memanfaatkan sebaik mungkin turnamen ini (Boys Elite Football Tournament 2019 red) sebagai bagian dari persiapan menghadapi Kualifikasi Piala Asia dan pematangan kerangka tim. Semoga kami semua kelancaran dan bisa memetik hasil yang terbaik di sana,” tutup Bima. (jun/yp)