Friday, 20 September 2019

Upacara Penurunan Bendera, Aisyah Bawa Baki, Jokowi Tanpa Busana Adat

Sabtu, 17 Agustus 2019 — 19:45 WIB
Upacara di pagi hari, Detik-detik Proklamasi. (ist)

Upacara di pagi hari, Detik-detik Proklamasi. (ist)

JAKARTA – Sore hari, jelang senja rangkaian peringatan HUT ke-74 RI dilakukan upacara penurunan bendera Merah Putihdi Istana Kepresidenan, Jakarta, Sabtu (17/8/2019). Upacara ini dimulai pukul 17.00 WIB. Upacara dimulai dengan parade prajurit TNI dan Polri ke lapangan upacara.

Berbeda dengan upacara detik-detik proklamasi di pagi hari, pada upacara penurunan bendera ini, Presiden Jokowi tak lagi memakai baju adat. Ia  mengenakan setelan jas biru dengan kemeja putih dan dasi merah.

Dengan keakrabannya, sebelum upacara dimulai, Jokowi sempat menyapa warga yang ada di Istana maupun di luar Istana Kepresidenan yang turut menyaksikan peringatan HUT ke-74 RI secara langsung.

Untuk penurunan Merah Putih ini, Tim Putih Paskibraka Nasional bertugas  menjalankan tugasnya dalam Upacara Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih. Pada upcara ini, pembawa bendera Merah Putih di Tim Putih dipercayakan kepada Aisyah Rahmawati, perwakilan dari Provinsi Bengkulu.

Gadis  kelahiran Rena Panjang, 2 April 2003, ini merupakan putri dari pasangan Faturachman dan Suarni. Saat ini Aisyah menempuh pendidikan di SMA Negeri 3 Seluma.

Ada pun  tiga orang dari Kelompok 8 pada upacara sore ini adalah Muhammad Fany Nur Wibowo dari Provinsi Jawa Tengah sebagai Komandan Kelompok 8, Bagas Satria Wijaya dari Provinsi Lampung sebagai pembentang bendera, dan Zaini Fahmi dari Provinsi Kalimantan Tengah sebagai pengerek bendera.

Untuk tugas ini, Tim Putih akan dikomandoi oleh Kapten Marinir Gardika Pradibyo. Pria kelahiran Jakarta, 14 Juni 1988 tersebut saat ini menjabat sebagai Komandan Kompi Beruang Batalyon Infanteri VII Marinir. Beliau merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut tahun 2011. Upacara berlangsung lancar dan aman. (*/win)