Friday, 20 September 2019

Alasan Blangko Kosong, Puluhan Ribu Warga Jaksel Belum Punya KTP-El

Senin, 19 Agustus 2019 — 20:21 WIB
Kasudin Kependudukan dan Catatan Sipil, Pemkot Jaksel, Abdul Haris. (wandi)

Kasudin Kependudukan dan Catatan Sipil, Pemkot Jaksel, Abdul Haris. (wandi)

JAKARTA  – Alasan blangko kosong, puluhan ribu warga Jakarta Selatan yang sudah melakukan perekaman KTP Elektronik, hingga saat ini belum menerima fisiknya. Padahal warga sudah melakukan perekaman hampir enam bulan lalu, selain itu kartu identitas ini sangat di butuhkan.

Seperti yang diungkapkan oleh Kasaina, warga Pondok Pinang, Pesangrahan, Jakarta Selatan. Dia mengaku sejak bulan Bulan Mei 2019 lalu melakukan perekaman KTP Elaktonik, namun hingga saat ini belum jadi.

“Sejak bulan Mei lalu saya ngurus KTP elektronik dan sudah melakukan perekaman. Namun, sampai saat ini belum jadi juga, setiap kali saya tanyakan ke kelurahan jawabannya blangko kosong,” kata Kasaina.

Hal senada juga disampaikan oleh  Agung, warga Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Dia juga mengaku sudah hampir enam bulan terakhir ini dirinya melakukan perekaman KTP elektronik sejak bulan April lalu, namun sampai sekarang belum jadi juga.

“Padahal KTP ini sangat saya butuhkan untuk melakukan  ngurus surat-surat, namun kenapa sampai saat ini belum juga jadi. Kalau seperti ini saya meski sudah tanyakan jawabannya tidak ada blangko, “ terang Agung.

Sementara itu, Kasudin Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), Pemkot Jakarta Selatan Abdul Haris ketika dikonfirmasi terkait banyaknya KTP elektroni warga yang hingga saat ini belum di cetak mengakui. Menurunya, sejak bulan Mei hingga Agustus ini tercatat ada sebanyak  68.543 KTP ekektronil yang belum kecetak.

“Memang pada 2019 ini ada sebanyak 68.543 warga melakukan perekaman KTP Elektronik dan seluruhnya belum tercetak karena blangko kosong. Meski begitu kami tetap melayani perekaman dan jika sudah ada blangko akan segera di cetak dan didistribusikan,”kata Abdul Haris.

Menurutnya, dari jumlah tersebut itu pihaknya melakukan perekaman mulai bulan  April   yakni ada sebanyak 18.047 orang  Mei. 13.340,  juni 7.436 KTP El,  juli 18.702 KTP El dan jum lah bulan agustus dari tgl 1. Sd. 19 adalah 11.018 KTP El.. “Komitmen kami, akan mencetak semua data terekam sesuai urutan, menyesuaikan ketersediaan blangko,” katanya. (wandi/win)