Friday, 20 September 2019

Pekerjaan Proyek Jalan Layang Perempatan Gaplek Diperkirakan 8 Bulan

Rabu, 21 Agustus 2019 — 20:08 WIB
Salah satu kegiatan pembersihan bangunan di pinggir jalan sekitar perempatan Gaplek,  Pamulang yang akan dibangun jalan layang.  (anton)

Salah satu kegiatan pembersihan bangunan di pinggir jalan sekitar perempatan Gaplek, Pamulang yang akan dibangun jalan layang. (anton)

TANGSEL – Pembangunan fly over (jalan layang)  perempatan Gaplek,  Pamulang, sepanjang 1 km rencananya bakal dikerjakan dalam waktu delapan bulan.

“Jika tidak ada masalah pekerjaan jembatan layang perempatan Gaplek,  Pamulang, bakal selesai delapan bulan ke depan,” kata Asisten Daerah III Bidang Administrasi Umum dan Kesra Pemerintah Kota Tangsel, Teddy Meiyadi, Rabu (21/8/2019).

Sekarang ini tengah dikebut pembersihan bidang bangunan yang terkena gusuran jalan layang atau flyover simpang Gaplek, Pamulang. Jika sudah selesai baru dilaksanakan pekerjaan fisiknya.

Di bagian kanan dan kiri jalan dari arah Ciputat menuju Parung mulai dari kantor cabang PLN Ciputat hingga arah Pondok Cabe atau Jl. Raya M. Toha lahan yang dibebaskab sekitar 10,5 meter. Untuk dari arah Jl. Raya Setia Budi menuju Pondok Cabe Udik kanan serta kiri jalan dibebaskan selebar 3,5 meter.

Menurut dia,  desain pembangunan jembatan layang perempatan Gaplek seperti di Pattarani,  Kota Bandung. Namun,  jembatan layang perempatan Gaplek memiliki panjang hampir 1 Km dengan lebar ROW dari arah arah Ciputat  ke Parung sekitar 35 meter dari sebelumnya 16 meter.

Sedangkan lebar jalan atau  ROW ke arah Pondok Cabe Udik ke Jl. Raya Setia Budi, Pamulang sekitar 17 meter dengan panjang jalan sekitar 150 meter dari simpang Gaplek ke arah cabe udik dan 150 meter dari simpang Gaplek ke arah Pamulang, katanya.

Dana untuk pembangunan jalan layang perempatan Gaplek senilai Rp 98,4 miliar dan nilai kontrak Rp 79,9 miliar dari anggaran APBN 2019 – 2020 karena proyek itu dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Penaraan Ruang dan Pemkot Tangsel. (anton/win)